10.3 C
London
Wednesday, April 17, 2024
HomeAsia10 Negara Paling Dekat dengan Tuhan, Indonesia Nomor Berapa?

10 Negara Paling Dekat dengan Tuhan, Indonesia Nomor Berapa?

Date:

Related stories

10 Kerajaan Islam Tertua di RI, Ada yang Dekat dengan Selat Muria

Jakarta, CNBC Indonesia- Kerajaan Islam pernah menguasai Nusantara dan...

Film Kiblat Arahan Sutradara Bobby Prasetyo Memicu Kontroversi, Begini Sepak Terjangnya di Dunia Perfilman

Kontroversi film Kiblat arahan sutradara Bobby Prasetyo masih hangat dibicarakan oleh banyak orang...

Prabowo-Gibran Unggul Telak, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Disarankan Legowo, Sulit Buktikan Kecurangan TSM

TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs...

4 Alasan Mengapa Nabi Isa yang Diperintahkan Allah untuk Membunuh Dajjal Jelang Kiamat

Nabi Isa merupakan salah satu nabi yang masih hidup hingga...

Apa yang Dimaksud dengan Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya?

Muhammadiyah memiliki visi yaitu terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya....
spot_imgspot_img

Agama merupakan sistem yang mengatur kepercayaan dan ibadah kepada Tuhan, serta aturan yang berkaitan dengan adat istiadat yang telah mempengaruhi kehidupan banyak individu selama berabad-abad.

Pada 2020, CEOWORLD Magazine dan Global Business Policy Institute melakukan survei yang mengukur tingkat religiusitas di 148 negara. Melalui 370 ribu masyarakat dunia sebagai partisipan, penelitian ini mengulik perspektif tentang bagaimana agama mempengaruhi sistem budaya, sosial, dan politik di seluruh dunia.

Lantas, negara apa saja yang paling religius dan percaya Tuhan di dunia? Berikut daftar sepuluh negara paling religius di dunia.

1. Somalia (Skor Religiositas 99.8)

Somali men without facemasks pray at the Isbaheysiga Mosque in Mogadishu, Somalia on Friday Dec. 4, 2020. As richer countries race to distribute COVID-19 vaccines, Somalia remains the rare place where much of the population hasn't taken the coronavirus seriously. Some fear that’s proven to be deadlier than anyone knows. (AP Photo/Farah Abdi Warsameh)Foto: Umat Islam di Somalia – AP/Farah Abdi Warsameh

Somalia adalah negara yang memiliki sejarah spiritual menarik. Agama-agama tradisional Afrika, Islam, dan Kekristenan (Kristen dan Katolik) meninggalkan jejak di salah satu negara Afrika Timur ini.

Islam memainkan peran penting di Somalia sejak abad ketujuh. Bahkan, Somalia merupakan salah satu tempat pertama yang memeluk agama Islam. Islam menyebar dengan cepat di seluruh Semenanjung Arab dan Somalia menjadi pusat penting pembelajaran bagi dunia Muslim.

Agama-agama tradisional Afrika juga memiliki akar yang dalam di Somalia. Saat ini, masih banyak masyarakat Somalia yang terus menjalankan tradisi-tradisi Afrika bersamaan dengan Islam.

Meskipun tiba di Somalia pada abad ke-12, Kekristenan masih menjadi agama minoritas di negara ini.

2. Nigeria (Skor Religiositas 99.7)

Dalam hal budaya dan masyarakat, Nigeria adalah negara yang sebagian besar penduduknya menganut agama Islam dengan mayoritas Islam Sunni.

Asal-usul Islam di Nigeria berawal pada abad ke-15, yakni ketika Islam diperkenalkan melalui penyebaran Kekaisaran Songhai. Islam menyebar dengan cepat di seluruh Nigeria sehingga menjadi agama mayoritas.

3. Bangladesh (Skor Religiositas 99.5)

Muslims attend Friday prayer on the first day of Ramadan at Baitul Mukarram National Mosque in Dhaka, Bangladesh, March 24, 2023. REUTERS/Mohammad Ponir Hossain     TPX IMAGES OF THE DAYFoto: REUTERS/MOHAMMAD PONIR HOSSAIN
Muslims attend Friday prayer on the first day of Ramadan at Baitul Mukarram National Mosque in Dhaka, Bangladesh, March 24, 2023. REUTERS/Mohammad Ponir Hossain TPX IMAGES OF THE DAY

Bangladesh adalah negara dengan sejarah spiritual yang panjang dan beragam.

Agama Hindu, Buddha, Islam, dan Kristen meninggalkan jejak di negara ini. Buddhisme dan Hinduisme tiba di Bangladesh pada abad ketiga. Berdasarkan sejarah, kedua agama tersebut dibawa oleh para pedagang dari India dan China.

Hindu dan Buddha pun dengan cepat menyebar di kalangan kelas penguasa dan seluruh negeri dengan pembangunan kuil-kuil dan biara-biara. Tradisi keagamaan ini telah memainkan peran penting dalam membentuk identitas budaya dan spiritual Bangladesh, serta terus mempengaruhi negara ini hingga saat ini.

Sementara itu, agama Islam tiba di Bangladesh pada abad keenam melalui pedagang Muslim dari Timur Tengah. Islam secara bertahap menyebar di seluruh wilayah Bangladesh sehingga menjadi agama dominan.

Lalu, Bangsa Eropa juga meninggalkan pengaruhnya pada lanskap keagamaan Bangladesh, yakni dengan memperkenalkan Kekristenan pada abad ke-16. Saat ini, mayoritas penduduk Bangladesh adalah Muslim dengan minoritas kecil yang menganut Hinduisme, Buddhisme, dan Kristen.

4. Ethiopia (Skor Religiositas 99.3)

Members of the Ethiopian community take part in a special prayer for the victims of the Ethiopian Airlines flight ET302 crash, at the Ethiopian Orthodox Tewahedo Church of Canada Saint Mary Cathedral in Toronto, on Sunday, March 10, 2019. Ethiopian Airlines flight ET302 crashed shortly after takeoff from Ethiopia's capital on Sunday morning, killing all on board, authorities said, including 18 Canadians. (Christopher Katsarov/The Canadian Press via AP)Foto: Members of the Ethiopian community take part in a special prayer for the victims of the Ethiopian Airlines flight ET302 crash, at the Ethiopian Orthodox Tewahedo Church of Canada Saint Mary Cathedral in Toronto, on Sunday, March 10, 2019. Ethiopian Airlines flight ET302 crashed shortly after takeoff from Ethiopia’s capital on Sunday morning, killing all on board, authorities said, including 18 Canadians. (Christopher Katsarov/The Canadian Press via AP)

Ethiopia adalah negara di Afrika yang mayoritas penduduknya beragama Kristen. Menurut tradisi Ethiopia, pengenalan agama Kekristenan ke Kekaisaran Aksum terjadi pada abad keempat Masehi, yakni ketika seorang misionaris berbahasa Yunani, Frumentius, menggantikan Raja Ezana. Hal ini menandai awal dari sejarah panjang agama Kristen di Ethiopia.

Saat ini, Frumentius dihormati sebagai santo dalam Gereja Ortodoks Ethiopia. Frumentius dianggap sebagai sosok penting dalam melestarikan dan mempromosikan iman Kristen di negara ini selama berabad-abad.

Selain Kristen, agama Islam juga memiliki sejarah panjang di Ethiopia. Menurut sejarah, komunitas Muslim pertama diyakini tiba di Ethiopia sejak abad ke-7. Meskipun tetap menjadi agama minoritas, Islam telah memiliki dampak signifikan terhadap budaya dan sejarah di Ethiopia.

5. Yaman (Skor Religiositas 99.1)

Massa berdemonstrasi menentang penodaan Alquran di Denmark, di Sanaa, Yaman 24 Juli 2023. (REUTERS/Khaled Abdullah)Foto: Orang-orang berdemonstrasi menentang penodaan Alquran di Denmark, di Sanaa, Yaman 24 Juli 2023. (REUTERS/KHALED ABDULLAH)

Yaman adalah negara dengan sejarah spiritual yang menarik. Yudaisme, Kekristenan, dan Islam juga turut meninggalkan jejak penting di negara ini.

Islam telah memainkan peran penting di Yaman sejak abad ketujuh Masehi, yakni ketika Nabi Muhammad mengirim menantunya sebagai Gubernur Yaman. Dari sana, Islam menyebar dengan cepat di seluruh Semenanjung Arab dan Yaman menjadi pusat pembelajaran dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat Muslim.

Selain itu, Yudaisme juga memiliki akar yang dalam di Yaman sejak komunitas Yahudi pertama tiba sejak abad ketiga. Sementara itu, Kekristenan tiba di Yaman pada abad keenam.

Saat ini, Yaman adalah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam.

6. Malawi (Skor Religiositas 99)

Malawi adalah negara dengan warisan spiritual yang kompleks melalui agama-agama tradisional Afrika, Kekristenan, dan Islam. Agama-agama itu disebut berperan dalam membentuk budaya dan sejarah Malawi.

Selama berabad-abad, Malawi menjadi rumah bagi campuran agama tradisional Afrika yang beragam. Hingga saat ini, sebagian besar orang masih mengikuti praktik-praktik ini bersamaan dengan keyakinan lain.

Kekristenan pertama kali dikenalkan kepada Malawi oleh para misionaris Eropa pada abad ke-19. Sejak saat itu, Kristen menjadi agama mayoritas di Malawi.

Selain Kristen, agama Islam juga memiliki sejarah panjang di Malawi, yakni sejak pedagang Muslim pertama tiba di pantai Afrika Timur pada abad ke-15. Meskipun menjadi agama minoritas, Islam telah memiliki dampak signifikan pada budaya dan sejarah Malawi.

7. Indonesia (Skor Religiositas 98.7)

A Muslim girl attends prayers at the first day of the holy fasting month of Ramadan at Istiqlal mosque in Jakarta, Indonesia, May 16, 2018. REUTERS/Willy KurniawanFoto: REUTERS/Willy Kurniawan
A Muslim girl attends prayers at the first day of the holy fasting month of Ramadan at Istiqlal mosque in Jakarta, Indonesia, May 16, 2018. REUTERS/Willy Kurniawan

Saat ini, Indonesia mengakui enam agama, yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Chu.

Pada abad ke-1 dan ke-2 Masehi, agama Hindu dan Buddha masuk ke Indonesia melalui para pedagang dari India dan China. Kedua agama tersebut menyebar dengan cepat di seluruh kepulauan dan menjadi populer di kalangan elit.

Sementara itu, agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13 melalui pengaruh para pedagang Muslim dari Timur Tengah. Islam secara bertahap mendapatkan pijakan di seluruh negeri dan akhirnya menjadi agama mayoritas di Indonesia.

Tidak hanya bangsa India, China, dan Timur Tengah, bangsa Eropa juga meninggalkan pengaruhnya pada lanskap keagamaan Indonesia dengan memperkenalkan Kekristenan pada abad ke-16.

8. Sri Lanka (Skor Religiositas 98.6)

Sri Lanka memiliki sejarah agama yang panjang dan beragam. Pulau ini telah menjadi rumah bagi berbagai tradisi dan praktik keagamaan selama berabad-abad dengan pengaruh dari Hinduisme, Buddha, Islam, dan Kekristenan.

Buddha diperkenalkan ke Sri Lanka pada abad ke-3 SM oleh biksu misionaris, Mahinda, yang dikirim oleh Kaisar India Ashoka untuk menyebarkan agama Buddha ke Srilanka. Tradisi Buddha berakar di Sri Lanka dan menjadi agama mayoritas.

Hinduisme juga memiliki sejarah panjang di Sri Lanka. Berkat hal tersebut, Srilanka menjadi negara dengan banyak kuil Hindu dan tempat suci.

Selain itu, agama Islam juga diperkenalkan ke Srilanka pada abad ketujuh, sementara Kekristenan memulai jejaknya di Sri Lanka melalui para penjajah Eropa pada abad ke-16. Keberagaman agama di Sri Lanka mencerminkan sejarah kompleks dan beragam dari pulau ini.

9. Mauritania (Skor Religiositas 98.5)

Mauritania terletak di Afrika Utara. Negara ini memiliki sekitar empat juta penduduk dengan mayoritas menganut agama Islam.

Meskipun tidak terlalu beragam dari segi agama, Mauritania memiliki keberagaman bahasa cukup kaya. Bahasa Arab adalah bahasa resmi Mauritania, tetapi banyak penduduk yang berbicara bahasa Prancis, serta bahasa-bahasa lokal, seperti Soninke, Pulaar, dan Wolof.

10. Djibouti (Skor Religiositas 98.2)

Djibouti adalah negara yang terletak di Tanduk Afrika dan berbatasan dengan Laut Merah. Islam telah memainkan peran sentral dalam identitas Djibouti selama berabad-abad dengan mayoritas penduduknya menganut Islam Sunni. Asal-usul Islam di Djibouti berawal pada abad ke-7, yaitu ketika para pedagang dan pemukim Arab memperkenalkan Islam ke wilayah tersebut.

Salah satu faktor yang membuat penyebaran Islam berlangsung dengan cepat di Djibouti adalah lokasi yang persimpangan perdagangan dan pertukaran budaya antara Afrika dan Timur Tengah.

Berikut adalah daftar lengkap 30 negara paling religius di dunia berdasarkan survei pada 2020 oleh CEOWORLD Magazine dan Global Business Policy Institute:

1 Somalia 99.8
2 Niger 99.7
3 Bangladesh 99.5
4 Ethiopia 99.3
5 Yemen 99.1
6 Malawi 99
7 Indonesia 98.7
8 Sri Lanka 98.6
9 Mauritania 98.5
10 Djibouti 98.2
11 Burundi 98
12 Egypt 97
13 Thailand 97
14 Morocco 97
15 Laos 97
16 Afghanistan 97
17 Guinea 97
18 Comoros 97
19 Myanmar 97
20 Senegal 96
21 Philippines 96
22 Nigeria 96
23 Malaysia 96
24 Jordan 96
25 Cameroon 96
26 Cambodia 96
27 Zambia 95
28 Rwanda 95
29 Qatar 95
30 Mali 95

Sumber: CNBC

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img