10.4 C
London
Tuesday, February 20, 2024
HomeEconomyMengenal New Development Bank, Saingan Bank Dunia Milik BRICS

Mengenal New Development Bank, Saingan Bank Dunia Milik BRICS

Date:

Related stories

Prabowo-Gibran Unggul Telak, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Disarankan Legowo, Sulit Buktikan Kecurangan TSM

TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs...

4 Alasan Mengapa Nabi Isa yang Diperintahkan Allah untuk Membunuh Dajjal Jelang Kiamat

Nabi Isa merupakan salah satu nabi yang masih hidup hingga...

Apa yang Dimaksud dengan Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya?

Muhammadiyah memiliki visi yaitu terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya....

Bingung Doa Tak Kunjung Dikabulkan? Yuk Cek Rahasia Ini

Berdoa merupakan bagian penting dari sisi kehidupan manusia yang biasanya melibatkan meminta kebahagiaan,...

Makna Kesetaraan Gender dalam Kajian Islam

Kajian tentang gender berkembang pesat tidak hanya di kalangan...
spot_imgspot_img

New Development Bank (NDB) mungkin masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat umum. Padahal, lembaga keuangan tersebut sejatinya memiliki pengaruh dan cukup dikenal di dunia.

Sekadar informasi, New Development Bank (NDB) merupakan sebuah lembaga keuangan yang dibentuk oleh negara-negara anggota BRICS . Masing-masing dari mereka adalah Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

Sejarah New Development Bank Mengutip laman resmi NDB, New Development Bank atau Bank Pembangunan Baru dibangun dengan tujuan memobilisasi sumber daya untuk infrastruktur dan proyek pembangunan berkelanjutan di pasar negara berkembang (EMDCs). Melihat sejarahnya, pendirian New Development Bank (NDB) telah dipertimbangkan sejak tahun 2012 oleh para pemimpin BRICS. Setahun berselang, mereka menyatakan kesepakatan terkait kelayakan pendirian NDB ini.

Pada akhirnya, tahun 2014, kesepakatan pendirian NDB ditandatangani di KTT BRICS keenam yang berlangsung di Fortaleza. Sejak saat itu, NDB terus berkembang dan menjadi penyedia solusi pembangunan berkelanjutan. Pada tahun 2021 lalu, Dewan Gubernur NDB telah menyetujui bergabungnya Bangladesh, UEA, Mesir, dan Uruguay sebagai keluarga barunya. Momen tersebut sekaligus menandai dimulainya ekspansi New Development Bank (NDB) sebagai lembaga multilateral global.

Lebih lanjut, pada operasinya, NDB ingin memprioritaskan proyek pembangunan dan infrastruktur yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat di negara anggotanya. Pada spektrum infrastruktur dan pembangunan berkelanjutan yang luas, operasi NDB selama periode 2022-2026 akan berfokus pada beberapa aspek.

Di antaranya adalah Energi Bersih dan Efisiensi Energi, Infrastruktur Transportasi, Perlindungan Lingkungan, Infrastruktur Sosial, Infrastruktur Digital, dan lain sebagainya. Tak cukup dengan New Development Bank (NDB), terbaru BRICS juga dikabarkan segera meluncurkan mata uangnya sendiri.

Meski belum dipastikan waktunya, namun wacana ini telah banyak menuai sorotan karena dianggap menjadi ancaman bagi dolar Amerika Serikat. Dalam hal ini, cukup banyak pihak yang menganggap negara anggota BRICS berniat menggeser dominasi AS dengan kekuatan mata uang dolarnya.

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img