18.2 C
London
Saturday, July 13, 2024
HomeEconomyMengenal New Development Bank, Saingan Bank Dunia Milik BRICS

Mengenal New Development Bank, Saingan Bank Dunia Milik BRICS

Date:

Related stories

Wapres sebut ekonomi syariah bukan demi kepentingan umat Islam semata

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menekankan bahwa ekonomi dan...

Kemenag Terbitkan Edaran Pembayaran Dam, Ini Tujuan dan Besaran Biayanya

Jakarta (Kemenag) --- Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah...

Menag Minta Tambahan Anggaran untuk Rumah Ibadah di IKN

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp...

Kota Mojokerto Raih Terbaik 1 Kategori Penegakan Hukum dalam Penyuluh Agama Islam Award tingkat Jatim

Satu lagi sosok inspiratif dan berprestasi dari Kota Mojokerto,...

Catat, Ini Dokumen yang Harus Dimiliki Jemaah untuk Wukuf di Arafah

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah...
spot_imgspot_img

New Development Bank (NDB) mungkin masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat umum. Padahal, lembaga keuangan tersebut sejatinya memiliki pengaruh dan cukup dikenal di dunia.

Sekadar informasi, New Development Bank (NDB) merupakan sebuah lembaga keuangan yang dibentuk oleh negara-negara anggota BRICS . Masing-masing dari mereka adalah Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

Sejarah New Development Bank Mengutip laman resmi NDB, New Development Bank atau Bank Pembangunan Baru dibangun dengan tujuan memobilisasi sumber daya untuk infrastruktur dan proyek pembangunan berkelanjutan di pasar negara berkembang (EMDCs). Melihat sejarahnya, pendirian New Development Bank (NDB) telah dipertimbangkan sejak tahun 2012 oleh para pemimpin BRICS. Setahun berselang, mereka menyatakan kesepakatan terkait kelayakan pendirian NDB ini.

Pada akhirnya, tahun 2014, kesepakatan pendirian NDB ditandatangani di KTT BRICS keenam yang berlangsung di Fortaleza. Sejak saat itu, NDB terus berkembang dan menjadi penyedia solusi pembangunan berkelanjutan. Pada tahun 2021 lalu, Dewan Gubernur NDB telah menyetujui bergabungnya Bangladesh, UEA, Mesir, dan Uruguay sebagai keluarga barunya. Momen tersebut sekaligus menandai dimulainya ekspansi New Development Bank (NDB) sebagai lembaga multilateral global.

Lebih lanjut, pada operasinya, NDB ingin memprioritaskan proyek pembangunan dan infrastruktur yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat di negara anggotanya. Pada spektrum infrastruktur dan pembangunan berkelanjutan yang luas, operasi NDB selama periode 2022-2026 akan berfokus pada beberapa aspek.

Di antaranya adalah Energi Bersih dan Efisiensi Energi, Infrastruktur Transportasi, Perlindungan Lingkungan, Infrastruktur Sosial, Infrastruktur Digital, dan lain sebagainya. Tak cukup dengan New Development Bank (NDB), terbaru BRICS juga dikabarkan segera meluncurkan mata uangnya sendiri.

Meski belum dipastikan waktunya, namun wacana ini telah banyak menuai sorotan karena dianggap menjadi ancaman bagi dolar Amerika Serikat. Dalam hal ini, cukup banyak pihak yang menganggap negara anggota BRICS berniat menggeser dominasi AS dengan kekuatan mata uang dolarnya.

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img