14 C
London
Sunday, May 26, 2024
HomeNewsKerangka T-Rex Berjuluk Trinity Terjual Seharga Rp78,9 M

Kerangka T-Rex Berjuluk Trinity Terjual Seharga Rp78,9 M

Date:

Related stories

10 Kerajaan Islam Tertua di RI, Ada yang Dekat dengan Selat Muria

Jakarta, CNBC Indonesia- Kerajaan Islam pernah menguasai Nusantara dan...

Film Kiblat Arahan Sutradara Bobby Prasetyo Memicu Kontroversi, Begini Sepak Terjangnya di Dunia Perfilman

Kontroversi film Kiblat arahan sutradara Bobby Prasetyo masih hangat dibicarakan oleh banyak orang...

Prabowo-Gibran Unggul Telak, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Disarankan Legowo, Sulit Buktikan Kecurangan TSM

TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs...

4 Alasan Mengapa Nabi Isa yang Diperintahkan Allah untuk Membunuh Dajjal Jelang Kiamat

Nabi Isa merupakan salah satu nabi yang masih hidup hingga...

Apa yang Dimaksud dengan Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya?

Muhammadiyah memiliki visi yaitu terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya....
spot_imgspot_img

Sebuah kerangka dinosaurus jenis Tyrannosaurus rex atau T-Rex terjual dengan harga USD5,3 juta atau sekitar Rp78,9 miliar di balai lelang Swiss .

Harga tersebut berada di bawah dari yang diharapkan darihampir 300 tulang yang digali dari tiga lokasi di Amerika Serikat (AS) itu. Sebanyak 293 tulang T-Rex dirangkai menjadi postur menggeram dengan panjang 11,5 meter dan tinggi 3,9 meter.

Menurut Balai Lelang Koller, ini adalah pertama kalinya kerangka T-Rex dilelang di Eropa. Kerangka komposit adalah barang pameran dari lelang yang menampilkan sekitar 70 lot, dan tengkorak itu dipasang di samping podium juru lelang. Kerangka itu diperkirakan akan terjual USD 5,6 hingga USD 8,9 juta (Rp83,3 miliar hingga Rp132,4 miliar). “Bisa jadi itu adalah komposit – itulah sebabnya para puritan tidak melakukannya,” kata Karl Green, direktur pemasaran rumah lelang, melalui telepon.

“Ini harga yang pantas untuk dino. Saya harap itu akan ditampilkan di suatu tempat di depan umum,” imbuhnya seperti dikutip dari CBS News, Rabu (19/4/2023). Green tidak mengidentifikasi pembelinya, hanya mengatakan ia adalah “kolektor swasta Eropa”. Termasuk “premi pembeli” dan biaya, penjualan mencapai sekitar USD6,1 juta (Rp90,8 miliar), kata Koller.

Promotor mengatakan komposit T-Rex, dijuluki “Trinity,” dibangun dari spesimen yang diambil dari tiga lokasi di formasi Hell Creek dan Lance Creek di Montana dan Wyoming antara 2008 dan 2013. Koller mengatakan “bahan tulang asli” terdiri dari lebih dari separuh fosil yang dipulihkan. Rumah lelang mengatakan tengkorak itu sangat langka dan juga terawat dengan sangat baik.

“Tapi di sini kita memiliki tulang tengkorak Tyrannosaurus asli yang semuanya berasal dari spesimen yang sama,” imbuhnya. T-Rex menjelajahi Bumi antara 65 dan 67 juta tahun yang lalu. Sebuah penelitian yang diterbitkan dua tahun lalu di jurnal Science memperkirakan bahwa sekitar 2,5 miliar dinosaurus pernah hidup. Film-film Hollywood seperti franchise blockbuster “Jurassic Park” telah menambah daya tarik publik terhadap makhluk karnivora tersebut.

Menurut Koller, dua daerah asal tulang Trinity juga merupakan sumber kerangka T-Rex lain yang dilelang: Field Museum of Natural History Chicago membeli “Sue” seharga USD8,4 juta (Rp125 miliar) selama seperempat abad yang lalu, dan “Stan” terjual hampir USD32 juta (Rp476,3 miliar) tiga tahun lalu. Dua tahun lalu, kerangka triceratops yang dinyatakan oleh Guinness World Records sebagai yang terbesar di dunia, yang dikenal sebagai “Big John”, dijual seharga USD7,2 juta (Rp107,1 miliar) kepada seorang kolektor pribadi di sebuah lelang di Paris.

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img