18.2 C
London
Saturday, July 13, 2024
HomeIndonesiaKeramahan Warga Bali Jangan Disalahgunakan Turis Asing

Keramahan Warga Bali Jangan Disalahgunakan Turis Asing

Date:

Related stories

Wapres sebut ekonomi syariah bukan demi kepentingan umat Islam semata

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menekankan bahwa ekonomi dan...

Kemenag Terbitkan Edaran Pembayaran Dam, Ini Tujuan dan Besaran Biayanya

Jakarta (Kemenag) --- Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah...

Menag Minta Tambahan Anggaran untuk Rumah Ibadah di IKN

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp...

Kota Mojokerto Raih Terbaik 1 Kategori Penegakan Hukum dalam Penyuluh Agama Islam Award tingkat Jatim

Satu lagi sosok inspiratif dan berprestasi dari Kota Mojokerto,...

Catat, Ini Dokumen yang Harus Dimiliki Jemaah untuk Wukuf di Arafah

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah...
spot_imgspot_img

Jakarta, CNN Indonesia — Bali belakangan mulai bergerak untuk menertibkan perilaku turis-turis asing yang nakal dan kerap melanggar aturan serta norma hingga merusak lingkungan.
Sorotan tentang tingkah laku buruk sejumlah turis asing saat berada di Bali menjadi perhatian masyarakat luas di Indonesia. Publik atau netizen tanah air turut geram dengan ulah turis-turis asing itu.

Ada saja cerita mengenai turis asing yang berbuat onar dari mulai naik motor ugal-ugalan tanpa helm, berkelahi sambil mabuk, melanggar aturan adat lokal, tidak menghormati tempat-tempat sakral dan suci di Bali, bekerja ilegal padahal hanya punya visa kunjungan, sampai pakai pelat nomor kendaraan palsu.


Australia salah satu negara penyumbang turis terbesar ke Bali. Pada Januari 2023 saja, terdapat 91 ribu turis Australia yang berkunjung ke Pulau Dewata.

Sekarang, kualitas turis menjadi prioritas untuk Bali. Gerakan untuk memperbaiki citra Bali juga disorot media Australia, News.com.au. Dalam artikelnya, Bali dituliskan tengah menggalakkan sosialisasi kampanye wisata baru. Mereka mewawancarai Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali Ida Bagus Agung Partha Adnyana.

“Intinya wisatawan menghormati adat budaya Bali dengan cara berpakaian yang baik dan rapi, mengikuti dengan tertib, melakukan aktivitas lalu lintas dan tidak melakukan hal-hal yang di luar ketentuan,” terang Ida Bagus Agung Partha Adnyana kepada The Bali Sun, seperti dikutip dari News.com.au.

Dia menekankan, jangan sampai keramahan warga Bali sebagai tempat wisata malah disalahgunakan oleh turis asing. “Kami memang menyambut baik dan menerima semua tamu, karena tamu adalah raja. Tapi, itu jangan disalahgunakan,” imbuhnya.

Pengamat travel asal Australia, Angus Kidman, menuturkan, peningkatan kualitas wisata Bali sebenarnya sudah tampak jelas beberapa tahun terakhir. Menurut dia, Indonesia menangani masalah itu dengan serius.

“Sikap yang baik dan rasa hormat penting bagi semua wisatawan di setiap destinasi. Anda berisiko didenda atau bahkan dideportasi jika bertindak liar dan mengabaikan aturan setempat,” ujar Kidman.

Sumber : CNNIndonesia

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img