15 C
London
Saturday, July 27, 2024
HomeEducationUstaz Adi Hidayat: Dua Surat Alquran Ini Bisa Mengugurkan Dosa dan Membuat...

Ustaz Adi Hidayat: Dua Surat Alquran Ini Bisa Mengugurkan Dosa dan Membuat Doa Dikabulkan

Date:

Related stories

Wapres sebut ekonomi syariah bukan demi kepentingan umat Islam semata

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menekankan bahwa ekonomi dan...

Kemenag Terbitkan Edaran Pembayaran Dam, Ini Tujuan dan Besaran Biayanya

Jakarta (Kemenag) --- Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah...

Menag Minta Tambahan Anggaran untuk Rumah Ibadah di IKN

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp...

Kota Mojokerto Raih Terbaik 1 Kategori Penegakan Hukum dalam Penyuluh Agama Islam Award tingkat Jatim

Satu lagi sosok inspiratif dan berprestasi dari Kota Mojokerto,...

Catat, Ini Dokumen yang Harus Dimiliki Jemaah untuk Wukuf di Arafah

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah...
spot_imgspot_img

SuaraBanten.id – Ustaz Adi Hidayat dalam sebuah video ceramahnya menyarankan jamaah yang hadir pengajiannya untuk membaca dua surat dalam Alquran yang bisa mengugurkan dosa dan membuat doa dikabulkan.

Diketahu, bagi umat muslim di seluruh dunia, Alquran merupakan pedoman hidup. Kitab suci terakhir umat Islam ini diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril ini terdiri dari 30 juz dan 114 surat..

Setiap surat dalam Alquran mengandung ajaran, hukum, petunjuk serta hikmah yang bisa mengarahkan kehidupan seorang muslim. Selain itu, ada berbagai keutamaan dalam setiap surat yang kita baca seperti yang dikatakan Ustaz Adi Hidayat. 

Sepeti yang dijelaskan oleh Ustadz Adi Hidayat dalam sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok @kiarafa8. Ia menjelaskan ada 2 surat dalam Alquran yang ketika membacanya maka dapat menggugurkan dosa sekaligus mengabulkan doa.

“Ada dua surah didalam Alquran yang bila dua surah ini dibacakan itu setiap hurufnya dihitung bisa berpotensi menggugurkan dosa sekaligus mengabulkan doa-doa yang dimintakan, sepanjang doa itu baik untuk urusan dunia akhirat kita,” kata Ustaz Adi Hidayat.

“Kalau salah satu kurang baik, diperbaiki oleh Allah. Misal dunia baik tapi akhirat tidak maka diperbaiki oleh Allah kepada yang lebih baik. Surat pertama Al Fatihah, surah kedua Al Baqarah, sebelum doa baca tuh,” imbuhnya.

Surat Al Fatihah terdiri dari tujuh ayat, adalah salah satu surat yang sangat dikenal dalam Alquran. Surat ini selalu dibaca dalam setiap shalat, baik yang wajib maupun yang sunnah.

Sedangkan surat Al Baqarah terdiri dari 286 ayat dan termasuk surah terpanjang dalam Alquran. Surat Al-Baqarah juga dianggap sebagai salah satu surat yang paling penting dan berpengaruh dalam Islam.

Ustaz Adi Hidayat juga menyebut surah ini mengandung banyak hukum, aturan, dan prinsip-prinsip dasar agama Islam.

“Tapi Al Baqarah nya tidak dari ayat yang pertama, kepanjangan. Cukupkan di ayat 285 sampai 286. Haditsnya sahih, kalau mau dikuatkan biasanya banyak ulama memasukkan ayat 284. Dan tiga ayat ini itu ayat yang dituliskan didinding Ka’bah,” pungkas Ustaz Adi Hidayat.

Sumber: Suara

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img