18.2 C
London
Saturday, July 13, 2024
HomeAsiaKota Mojokerto Raih Terbaik 1 Kategori Penegakan Hukum dalam Penyuluh Agama Islam...

Kota Mojokerto Raih Terbaik 1 Kategori Penegakan Hukum dalam Penyuluh Agama Islam Award tingkat Jatim

Date:

Related stories

Wapres sebut ekonomi syariah bukan demi kepentingan umat Islam semata

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menekankan bahwa ekonomi dan...

Kemenag Terbitkan Edaran Pembayaran Dam, Ini Tujuan dan Besaran Biayanya

Jakarta (Kemenag) --- Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah...

Menag Minta Tambahan Anggaran untuk Rumah Ibadah di IKN

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp...

Catat, Ini Dokumen yang Harus Dimiliki Jemaah untuk Wukuf di Arafah

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah...

Luhut ajak publik ikut awasi ormas keagamaan kelola tambang

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan...
spot_imgspot_img

Satu lagi sosok inspiratif dan berprestasi dari Kota Mojokerto, yaitu S. Imroatul Ulfiah. Perempuan penyuluh agama Islam yang bertugas di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mojokerto ini terpilih sebagai Terbaik 1 kategori Penegakan Hukum dalam Penyuluh Agama Islam (PAI) Award tingkat Jawa Timur tahun 2024.

Mengutip laman Pemerintah Kota Mojokerto, Kamis (6/6/2024), prestasi tersebut diraih atas dedikasinya dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba melalui ketahanan keluarga. Sosok yang akrab disapa Ulfi ini aktif menjadi narasumber dan fasilitator tetap pada beragam kegiatan yang digelar BNN Kota Mojokerto.

Atas prestasi dan dedikasi tersebut, Pj. Wali Kota Mojokerto turut memberikan apresiasi kepada Ulfi. 

“Kita semua tahu, narkoba ini ancaman besar bagi generasi penerus kita. Sehingga saya sangat mengapresiasi Bu Ulfi yang sejak beberapa tahun ke belakang selalu konsisten ikut terlibat dalam edukasi dan fasilitasi pencegahan narkoba, bersama dengan BNN, Dinsos, atau organisasi lainnya,” ujar Mas Pj.

Pasca terpilih sebagai Terbaik 1 dari Provinsi Jawa Timur, perjuangan Ulfi belum usai. Ketua Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) Kota Mojokerto ini juga akan mewakili Jawa Timur untuk diajang yang sama di tingkat nasional.

“Semoga semua dilancarkan dan sukses. Ini sekaligus tentu menjadi motivasi untuk kita semua agar menjadi sosok yang makin berdampak dan bermanfaat bagi masyarakat Kota Mojokerto dan sekitarnya,” harap Mas Pj.

Pada kompetisi PAI Jatim atau PAI Nasional 2024 nanti, Ulfi mengusung Naga Bonar (Ketahanan Keluarga Bebas dari Obat Terlarang dan Narkoba) yang merupakan program andalan dalam mengedukasi dan mengampanyekan pencegahan narkoba untuk berbagai kalangan, utamanya remaja dan orang tua.

Biasanya orang tua dan remaja usia setingkat SMP (13 – 15 tahun) akan mendapatkan edukasi, sosialisasi dan penguatan parenting yaitu pola pengasuhan, komunikasi orang tua dan anak, serta pendekatan moral, akhlak dan sentuhan spiritual.

“Saya terpanggil untuk terus ikut terlibat. Karena melihat maraknya penyalahgunaan obat terlarang dan narkoba di kalangan generasi muda. Padahal mereka ini adalah calon penerus bangsa, harapan besar mewujudkan Indonesia Emas 2045 ada di pundak mereka” tutur Ulfi.

Program intervensi melalui ketahanan keluarga ini sejatinya adalah bagian dari program kerja BNN. Namun, sebagai penyuluh, Ulfi melakukan sejumlah inovasi, agar program tersebut lebih efektif, termasuk terkait model komunikasi, pendampingan, dan melakukan evaluasi secara kuantitatif. Evaluasi ini untuk mengetahui signifikansi dan dampak terukur dari upaya yang telah dilakukan.

“Alhamdulillah, upaya yang dilakukan ini bisa membawa dampak positif dengan tingkat keberhasilan mencapai angka 55 persen. Angka ini diukur dari hasil test dan wawancara yang dilakukan sebelum dan sesudah pelaksanaan program Naga Bonar ini,” jelas Ulfi.

Sumber: Kominfo Jatim

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img