22.8 C
London
Sunday, July 21, 2024
HomeBusinessKorsel Mulai Bidik Pasar Muslim Indonesia, Sertifikat Halal Jadi Kunci

Korsel Mulai Bidik Pasar Muslim Indonesia, Sertifikat Halal Jadi Kunci

Date:

Related stories

Wapres sebut ekonomi syariah bukan demi kepentingan umat Islam semata

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menekankan bahwa ekonomi dan...

Kemenag Terbitkan Edaran Pembayaran Dam, Ini Tujuan dan Besaran Biayanya

Jakarta (Kemenag) --- Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah...

Menag Minta Tambahan Anggaran untuk Rumah Ibadah di IKN

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp...

Kota Mojokerto Raih Terbaik 1 Kategori Penegakan Hukum dalam Penyuluh Agama Islam Award tingkat Jatim

Satu lagi sosok inspiratif dan berprestasi dari Kota Mojokerto,...

Catat, Ini Dokumen yang Harus Dimiliki Jemaah untuk Wukuf di Arafah

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah...
spot_imgspot_img

Bertempat di Korea Selatan, dalam event International NextRise2023, Halalin mengumumkan Kerjasama dengan Indonesia Prima sebagai Global Representative Partner. Korea Selatan  merupakan salah satu negara yang akan menjadi jangkauan Halal Hub disamping daftar negara lainnya seperti Taiwan ROC, Mesir, Australia, Turkey, Afrika Selatan, Malaysia, Brunei Darussalam.

“Kami mendukung kerjasama ini sebagai gerbang pembuka investasi korea ke Indonesia. Dengan kerjasama ini sangat memungkinkan membuka market baru bagi UMKM kita. Halal-In sebagai startup Indonesia menjadi jembatan bagi perusahaan korea yang ingin membidik pasar muslim Indonesia. Dengan adanya representatif halal-in korea akan memudahkan proses tersebut,” kata Kepala Atase Perdagangan, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia di Korea Selatan, Eko Aprilianto Sudrajat dikutip Kamis (29/6/2023).

CEO PT. Halal Digital Internasional Yuliana Zahara Mega menyatakan, fakta bahwa kebutuhan pasar internasional dalam sertifikasi Halal sebagai pertanggungjawaban produsen kepada konsumen muslim meningkat seiring dengan kebutuhan produsen dan pelaku bisnis dalam lingkup daya saingan bisnis mereka.

“Halalin hadir sebagai solusi bagi para produsen dan pelaku bisnis agar dapat tetap fokus pada kegiatan bisnis mereka. Halalin dapat menjadi partner terpercaya yang akan setia mendampingi pelaku bisnis hingga proses terbitnya sertifikat Halal hingga SNI,” ungkapnya.

Menyambut visi baik Halalin, CEO dari Indonesia Prima Diah Yusuf, dengan network global yang sudah dimiliki sepakat untuk melakukan kerjasama.

“Indonesia Prima sebagai strategic business partner and advisory dengan global network, sering mendapatkan klien yang ingin meluaskan bisnis nya di Indonesia, dan mereka harus memahami bahwa sertifikat Halal merupakan keharusan untuk produk yang ingin mereka perjual belikan di Indonesia. Saya melihat Halalin bisa menyederhanakan proses sertifikasi halal ini secara terukur,” tutur dia.

Kerjasama ini meliputi pendampingan sertifikasi Halal dan SNI untuk pelaku bisnis dan produsen, meningkatkan jaringan agen pendamping penyelia halal di negara-negara terkait melalui pelatihan dan mentoring, serta pelatihan Halal kepada produsen dan pelaku bisnis baik secara langsung maupun melalui Online Network.

“Menjadi salah satu penyedia jasa yang berfokus pada media digital, Halalin siap untuk terus membawa Visi baik kami dalam meningkatkan kualitas para pelaku bisnis dengan memberikan pendampingan serta kemudahan akses dalam proses sertifikasi Halal dan SNI,” ungkap Yuliana.

99 Produk Kantongi Sertifikat Halal, PT Perindo Pede Rambah Pasar Timur Tengah

PT Perikanan Indonesia (Perindo) berhasil meraih Sertifikat Halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) untuk 99 produk yang mereka tawarkan. Keberhasilan ini bukan hanya sebuah prestasi semata, tetapi juga memberikan dampak positif yang signifikan bagi perusahaan tersebut.

Direktur Operasional PT Perindo, Fajar Widisasono, dengan antusias menyambut terbitnya sertifikat halal ini. Ia menyampaikan rasa syukurnya dan menjelaskan betapa pentingnya langkah ini dalam menjaga kualitas produk perusahaan.

Dengan memperoleh sertifikat halal, PT Perikanan Indonesia menunjukkan komitmen mereka terhadap kepatuhan terhadap prinsip-prinsip halal dan menghadirkan jaminan mutu terbaik kepada para konsumen.

“Pentingnya sertifikat halal bisa membawa konsekuensi bisnis yang positif. PT Perikanan Indonesia akan mendapatkan kepercayaan dan keyakinan lebih dari masyarakat muslim, yang merupakan segmen pasar yang besar dan potensial. Hal ini diharapkan dapat memberikan dorongan signifikan terhadap pertumbuhan perusahaan, baik dalam pasar domestik maupun ekspor,” kata Fajar dikutip

Komitmen Kualitas

PT Perikanan Indonesia terus berkomitmen pada keberlanjutan kualitas dan kehalalan produk. Setelah sertifikasi halal, mereka akan menerapkan langkah-langkah ketat, mulai proses produksi terkendali, audit internal dan eksternal, pemantauan dan pengujian laboratorium, serta sistem manajemen mutu.

Tujuannya adalah mempertahankan standar yang tinggi dan mendapatkan kepercayaan konsumen sebagai produsen perikanan halal yang terpercaya.

“Setelah mendapatkan sertifikat halal, kami menerapkan langkah-langkah yang ketat untuk memastikan produk kami tetap memenuhi standar yang ditetapkan. Beberapa langkah yang kami lakukan antara lain, memiliki sistem produksi yang terkelola dengan baik, termasuk pemilihan bahan baku yang berkualitas, proses produksi yang higienis. Kami secara berkala melakukan audit internal untuk memastikan kepatuhan terhadap standar kualitas dan kehalalan, dan melakukan pengujian produk secara berkala guna tetap memenuhi standar yang ditetapkan,” tutur Fajar.

Sumber : Liputan 6

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img