15.2 C
London
Monday, May 27, 2024
HomeDefenceUsulan Inisiatif Perdamaian Ukraina dari Brasil Panen Kritikan

Usulan Inisiatif Perdamaian Ukraina dari Brasil Panen Kritikan

Date:

Related stories

10 Kerajaan Islam Tertua di RI, Ada yang Dekat dengan Selat Muria

Jakarta, CNBC Indonesia- Kerajaan Islam pernah menguasai Nusantara dan...

Film Kiblat Arahan Sutradara Bobby Prasetyo Memicu Kontroversi, Begini Sepak Terjangnya di Dunia Perfilman

Kontroversi film Kiblat arahan sutradara Bobby Prasetyo masih hangat dibicarakan oleh banyak orang...

Prabowo-Gibran Unggul Telak, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Disarankan Legowo, Sulit Buktikan Kecurangan TSM

TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs...

4 Alasan Mengapa Nabi Isa yang Diperintahkan Allah untuk Membunuh Dajjal Jelang Kiamat

Nabi Isa merupakan salah satu nabi yang masih hidup hingga...

Apa yang Dimaksud dengan Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya?

Muhammadiyah memiliki visi yaitu terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya....
spot_imgspot_img

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva mengutuk pelanggaran integritas teritorial Ukraina oleh Rusia. Dia kembali menyerukan mediasi untuk mengakhiri perang, inisiatif perdamaian yang dikritik oleh pemerintah Ukraina.

Berbicara saat makan siang dengan Presiden Rumania Klaus Iohannis, Lula mengatakan sekelompok negara netral harus bersatu untuk membantu menengahi perdamaian antara Rusia dan Ukraina.

Komentarnya muncul setelah dia memicu badai di antara sekutu Barat dengan menyatakan selama akhir pekan bahwa mereka memperpanjang pertempuran dengan menyerahkan senjata ke Ukraina. Seorang juru bicara Gedung Putih menuduh Lula meniru propaganda Rusia dan China tanpa melihat fakta. Dan pada hari Selasa, Gedung Putih mengatakan bahwa nada Lula tidak menunjukkan kenetralan.

Di Washington, seseorang yang mengetahui masalah ini mengatakan pejabat AS secara pribadi telah memperjelas ketidaksenangan pemerintahan Biden kepada rekan-rekan Brazil tentang kritik Lula terhadap mempersenjatai Ukraina. Gedung Putih tidak segera menjawab pertanyaan Reuters tentang kontak yang diklaim tetapi pada Selasa malam. Pihaknya mengatakan dalam sebuah pembawa acara bahwa penasihat keamanan nasional Biden, Jake Sullivan, telah berbicara dengan timpalannya dari Brasil, Celso Amorim. Mereka membahas sejumlah hubungan bilateral dan masalah global, termasuk perang Rusia melawan Ukraina.

Sebelumnya, Amorim telah bergabung dalam perang kata-kata, menyebut kritik AS tidak masuk akal dan menegaskan bahwa Brasil tidak sependapat dengan Rusia.

“Brasil membela integritas teritorial Ukraina,” kata Amorim kepada Globo TV. Namun dia menambahkan bahwa selama tidak ada pembicaraan, perdamaian yang ideal untuk Ukraina dan Rusia tidak akan terjadi. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengunjungi Lula di Brasilia pada hari Senin (17/4/2023).

Dia mengucapkan terima kasih atas upaya perdamaiannya, mengatakan bahwa Brasil dan Rusia pandangan tentang konflik yang telah berlangsung setahun di Ukraina.

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img