18.2 C
London
Friday, June 14, 2024
HomeEconomySukseskan Ekonomi Biru, BRI Jalin Kerja Sama dengan KKP

Sukseskan Ekonomi Biru, BRI Jalin Kerja Sama dengan KKP

Date:

Related stories

Kemenag Terbitkan Edaran Pembayaran Dam, Ini Tujuan dan Besaran Biayanya

Jakarta (Kemenag) --- Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah...

Menag Minta Tambahan Anggaran untuk Rumah Ibadah di IKN

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp...

Kota Mojokerto Raih Terbaik 1 Kategori Penegakan Hukum dalam Penyuluh Agama Islam Award tingkat Jatim

Satu lagi sosok inspiratif dan berprestasi dari Kota Mojokerto,...

Catat, Ini Dokumen yang Harus Dimiliki Jemaah untuk Wukuf di Arafah

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah...

Luhut ajak publik ikut awasi ormas keagamaan kelola tambang

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan...
spot_imgspot_img


Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terkait pemanfaatan jasa dan layanan perbankan dalam peningkatan ekonomi sektor kelautan dan perikanan. Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan perusahaan terus mendukung penuh program sektor kelautan dan perikanan. Termasuk program KKP, yakni Ekonomi Biru untuk Indonesia Maju.

“Kami akan terus mendukung program pemerintah, terutama untuk sektor-sektor yang belum bankable, BRI memfasilitasinya melalui program link UMKM BRI. Terkait kerja sama ini, manfaat layanan bisa dirasakan oleh masyarakat, terutama pelaku usaha eksportir produk kelautan dan perikanan,” ujar Sunarso dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (9/3/2023).

Seperti diketahui, total KUR sektor kelautan perikanan tahun lalu pemerintah mencapai Rp 9,9 triliun. Sebanyak Rp 7,2 triliun di antaranya disalurkan oleh BRI dan mencapai 199.224 nasabah.

BRI juga memperkenalkan Pasar Rakyat Indonesia (PARI) yang merupakan kolaborasi dengan ekosistem digital. Sunarso menjelaskan, PARI merupakan aplikasi digital marketplace khusus komoditas pangan. Saat ini, sudah terdapat 18.000 petambak, petani, dan peternak di aplikasi PARI.

Dia menambahkan, unit kerja BRI yang tersebar hingga pelosok desa dapat dimanfaatkan KKP untuk menjangkau kebijakan yang menyentuh hingga pelosok. Apalagi lebih dari 84% portofolio BRI berasal dari UMKM yang bersentuhan langsung dengan masyarakat pesisir.

“Sementara itu, bagi pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan yang ber-payroll di BRI, dapat menikmati fasilitas BRIguna Digital, yakni pinjaman pegawai dengan suku bunga khusus, cair kurang dari 15 menit, tidak perlu datang ke Unit Kerja BRI, dan tanpa jaminan SK Pegawai,” kata dia.

Sunarso mengharapkan hal ini dapat menambah kesejahteraan pegawai. Di mana layanan tersebut dapat diakses melalui BRImo.

Sumber : CNBCIndonesia

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img