12.3 C
London
Monday, May 27, 2024
HomeEuropeLavrov Sebut Islam Sedang Mengalami Kebangkitan di Rusia

Lavrov Sebut Islam Sedang Mengalami Kebangkitan di Rusia

Date:

Related stories

10 Kerajaan Islam Tertua di RI, Ada yang Dekat dengan Selat Muria

Jakarta, CNBC Indonesia- Kerajaan Islam pernah menguasai Nusantara dan...

Film Kiblat Arahan Sutradara Bobby Prasetyo Memicu Kontroversi, Begini Sepak Terjangnya di Dunia Perfilman

Kontroversi film Kiblat arahan sutradara Bobby Prasetyo masih hangat dibicarakan oleh banyak orang...

Prabowo-Gibran Unggul Telak, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Disarankan Legowo, Sulit Buktikan Kecurangan TSM

TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs...

4 Alasan Mengapa Nabi Isa yang Diperintahkan Allah untuk Membunuh Dajjal Jelang Kiamat

Nabi Isa merupakan salah satu nabi yang masih hidup hingga...

Apa yang Dimaksud dengan Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya?

Muhammadiyah memiliki visi yaitu terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya....
spot_imgspot_img

MOSKOW – Menteri Luar Negeri Rusia , Sergey Lavrov telah mengklaim bahwa Islam sedang mengalami “kebangkitan” di Rusia. Ia juga mencatat bahwa Muslim Rusia “berdiri bahu-membahu” dengan rekan senegaranya dan terus mempertahankan keamanan negara.

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan di situs web Kementerian Luar Negeri Rusia untuk film dokumenter The Road to the Islamic World, Jumat (19/5/2023), diplomat top Rusia mengatakan Islam terus hidup berdampinagn dengan agama lain.

“Islam di Rusia hidup melalui kebangkitan dan kebangkitan yang belum pernah terjadi sebelumnya, karena terus hidup berdampingan secara harmonis dengan budaya tradisional dan agama lainnya,” jelas Lavrov. “Pekerjaan bersama kami mengungkapkan sebagian besar penilaian yang tumpang tindih tentang masalah antar-peradaban dan antaragama yang sedang dibahas di negara kami dan internasional,” lanjutnya.

Ia juga dan menekankan bahwa Rusia berdiri bersatu dalam menegakkan nilai-nilai spiritual dan moral, menolak Islamofobia, Kristenofobia, atau bentuk lainnya dan intoleransi beragama”. Komentar Lavrov juga muncul sehari setelah pidato videonya di Forum Ekonomi Internasional ke-14 “Russia – Islamic World: Kazan Forum”, yang merupakan platform utama kerja sama ekonomi antara Moskow dan negara-negara mayoritas Muslim.

Sebagai bagian dari pidato penyambutannya, Lavrov menggarisbawahi prioritas diplomatik Rusia dan menyebutkan promosi antaragama, dialog dan pemahaman antarbudaya, selain melindungi nilai-nilai spiritual dan moral tradisional yang dianut oleh semua agama dunia.

“Kami siap menjalin kerja sama yang erat dengan teman-teman kami dari dunia Muslim,” kata diplomat senior Rusia itu. “Begitu juga dengan semua mitra lain yang berbagi kepentingan dalam memperkuat landasan hukum dan demokrasi kehidupan internasional,” tambahnya. “Rusia secara tradisional mengembangkan hubungan persahabatan dengan mayoritas negara Muslim. Kami dipersatukan oleh komitmen untuk membangun kerja sama antarnegara berdasarkan prinsip kesetaraan, pertimbangan kepentingan bersama, dan pencarian keseimbangan kepentingan,” jelas Lavrov.

Sumber: Sindo News

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img