12.3 C
London
Monday, May 27, 2024
HomeNewsJanji Malaikat untuk Orang yang Baca Sholawat 10 Kali dalam Sehari

Janji Malaikat untuk Orang yang Baca Sholawat 10 Kali dalam Sehari

Date:

Related stories

10 Kerajaan Islam Tertua di RI, Ada yang Dekat dengan Selat Muria

Jakarta, CNBC Indonesia- Kerajaan Islam pernah menguasai Nusantara dan...

Film Kiblat Arahan Sutradara Bobby Prasetyo Memicu Kontroversi, Begini Sepak Terjangnya di Dunia Perfilman

Kontroversi film Kiblat arahan sutradara Bobby Prasetyo masih hangat dibicarakan oleh banyak orang...

Prabowo-Gibran Unggul Telak, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Disarankan Legowo, Sulit Buktikan Kecurangan TSM

TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs...

4 Alasan Mengapa Nabi Isa yang Diperintahkan Allah untuk Membunuh Dajjal Jelang Kiamat

Nabi Isa merupakan salah satu nabi yang masih hidup hingga...

Apa yang Dimaksud dengan Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya?

Muhammadiyah memiliki visi yaitu terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya....
spot_imgspot_img

Umat Islam sudah melewati malam 17 bulan Ramadhan 1444 Hijriah, yang artinya sudah masuk dalam peringatan malam Nuzulul Quran.

Pada malam Nuzulul Quran, umat Islam pun memperingatinya dengan pengajian bersama sambil mendengarkan kajian sejarah atau cerita ulang yang berkaitan dengan turunnya Alquran.

Di Pulau Bawean sendiri, umat Islam memperingatinya dengan mendengarkan ceramah dari para santri di Masjid Baitul Mukminin Daun Timur, Desa Daun, Kecamatan Sangkapura, Bawean, Kabupaten Gresik.

Para santri tersebut disuruh tampil sebagai bentuk pengkaderan dai-dai muda Bawean. Salah satu santri yang tampil adalah Khatibul Umam dari Pondok Pesantren Darussalam Daun.

Dalam ceramahnya, Khatibul Umam mengutip surat al-Ahzab ayat 56 yang berisi anjuran kepada umat Islam untuk selalu bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Allah SWT berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad. Wahai orang-orang yang beriman bershalawat lah kalian kepadanya dan bersalamlah dengan sungguh-sungguh.”

Imam Al-Qurtubi di dalam kitab tafsirnya menjelaskan bahwa shalawatnya Allah kepada Nabi Muhammad dalam ayat tersebut berarti rahmat dan keridloan-Nya kepada beliau. Sedangkan shalawatnya para malaikat berarti doa dan permohonan ampun (istighfar) mereka bagi Rasulullah. Adapun shalawatnya umat beliau merupakan doa dan pengagungan terhadap kedudukan Rasulullah Muhammad SAW.

(Muhammad bin Ahmad Al-Qurthubi, Al-Jâmi’ li Ahkâmil Qur’ân, Kairo, Darul Hadis, 2010, jil. VII, hal. 523).

Lebih lanjut, Khatibul Umam kemudian menjelaskan tentang keutamaan bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW sebanyak 10 kali dalam sehari.

Dia menceritakan kisah malaikat yang memiliki berbagai janji serta memberi jaminan kepada orang orang yang gemar bersholawat. Pada suatu kesempatan Rasulullah SAW sedang berkumpul dengan para sahabat, kemudian beliau bersabda bahwa “Malaikat Jibril, Mikail, Israfil dan Izrail telah berkata kepadaku”.

Berikut yang dikatakan para malaikat itu:

1. Malaikat Jibril berkata, “Ya Rasulallah, barang siapa yang bersholawat kepadamu 10 kali dalam sehari, saya akan memberikan kemudahan kepadanya pada saat besok meniti Shiratal Mustaqim seperti kilat menyambar.”

2. Malaikat Mikail berkata, “Ya Rasulallah, barang siapa yang bersholawat kepadamu 10 kali dalam sehari, saya akan berikan minum dari telaga Kautsar, yang apabila bisa meminumnya meski seteguk maka ia tidak akan kehausan.”

3. Malaikat Israfil berkata, “ Ya Rasulallah, barang siapa yang bersholawat kepadamu 10 kali dalam sehari, saya akan sujud kepada Allah dan tidak akan mengangkat kepala sampai Allah mengampuni dosanya.”

4. Malaikat Izrail berkata, “Ya Rasulullah, barang siapa yang bersholawat kepadamu 10 kali dalam sehari, saya akan memberikan kemudahan padanya saat sakaratul maut dengan hati-hati seperti mencabut ruh para nabi.”

Marilah kita memperbanyak baca sholawat, karena amal dan doa kita tidak akan sampai kepada Allah kecuali tanpa syafaat nabi Muhammad SAW.

Sumber: Boyanesia

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img