10.3 C
London
Wednesday, April 17, 2024
HomeGlobal News5 Rukun Islam Dan Maknanya Yang Wajib Diketahui Oleh Umat Muslim

5 Rukun Islam Dan Maknanya Yang Wajib Diketahui Oleh Umat Muslim

Date:

Related stories

10 Kerajaan Islam Tertua di RI, Ada yang Dekat dengan Selat Muria

Jakarta, CNBC Indonesia- Kerajaan Islam pernah menguasai Nusantara dan...

Film Kiblat Arahan Sutradara Bobby Prasetyo Memicu Kontroversi, Begini Sepak Terjangnya di Dunia Perfilman

Kontroversi film Kiblat arahan sutradara Bobby Prasetyo masih hangat dibicarakan oleh banyak orang...

Prabowo-Gibran Unggul Telak, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Disarankan Legowo, Sulit Buktikan Kecurangan TSM

TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs...

4 Alasan Mengapa Nabi Isa yang Diperintahkan Allah untuk Membunuh Dajjal Jelang Kiamat

Nabi Isa merupakan salah satu nabi yang masih hidup hingga...

Apa yang Dimaksud dengan Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya?

Muhammadiyah memiliki visi yaitu terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya....
spot_imgspot_img

Rukun Islam wajib diketahui oleh umat muslim yang beriman. Sebab di antara syarat sah menjadi seorang muslim yaitu mengamalkan 5 rukun dalam Islam. Berbeda dengan rukun iman, rukun ini diartikan sebagai amalan atau perbuatan berbentuk fisik. Sedangkan rukun iman sifatnya keyakinan di dalam hati atu batiniah.

Sebagai dasar dalam ilmu agama, rukun dalam Islam telah diajarkan sejak kecil agar umat muslim lebih bisa meneladani dan memahaminya. Rukun dalam Islam terdiri atas 5 aspek yang diyakini sebagai fondasi agar tingkat keimanan kita tetap terjaga dalam kehidupan sosial.

Sekilas tentang Rukun Islam

Rukun yang ada di dalam Islam menjadi pondasi dalam kehidupan umat muslim untuk bisa memperoleh Ridho Allah SWT. Rukun dalam Islam ini dikenal sebagai perbuatan atau amalan yang wajib dilakukan oleh umat muslim agar bisa semakin sempurna dalam menjalankan perintah yang diberikan oleh Allah SWT.

Kelima rukun Islam yang ada di antaranya sholat, syahadat, zakat, puasa dan haji yang memiliki hikmah serta keutamaan bagi mereka yang menjalankannya. Memiliki fungsi sebagai pondasi bagi umat Islam maka rukun dalam Islam wajib dilaksanakan.

5 Rukun Islam dan Maknanya

Rukun dalam Islam memiliki ketentuan yang menjadi standar apakah rukun tersebut menjadi wajib atau sunnah. Berikut lima rukun dalam Islam dan maknanya:

1. Mengucap Dua Kalimat Syahadat

Bacaan syahadat diakui sebagai kesaksian dan pengakuan yang diiringi dengan pemahaman agar bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ada dua jenis syahadat yaitu syahadat tauhid dan syahadat rasul. Keduanya berisi mengenai kesaksian dan meyakini dari hati bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW merupakan utusan Allah SWT.

Dua kalimat syahadat wajib dipahami oleh umat muslim hingga bisa dikatakan sebagai umat yang beriman. Dengan mengucapkan dua kalimat syahadat maka orang tersebut sudah yakin untuk memeluk agama Islam dan ikhlas menjalankan syariat yang diwajibkan.

2. Mendirikan Sholat

Rukun Islam kedua yaitu mendirikan sholat. Maknanya seorang mukmin memiliki kewajiban untuk mendirikan sholat sebagaimana yang termaktub dalam surah An-Nisa ayat 103, berikut dallil tentang mendirikan sholat

Surat An-Nisa ayat 103 (Myislam.org)

Sholat yang perlu dikerjakan oleh umat muslim yaitu fardu dan sunnah. Sholat wajib tentunya dikerjakan sesuai waktu yang telah ditetapkkan. Mulai dari sholat Subuh yang dibatasi dengan terbitnya matahari hingga sholat Isya pada malam hari.

3. Menjalankan Puasa di Bulan Ramadhan

Setiap umat muslim diwajibkan untuk menjalankan puasa Ramadhan selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Perintah menjalankan puasa di bulan Ramdhan tertuang dalam surah Al-Baqarah ayat 183, berikut dalil tentang puasa:

Surat Al-Baqarah ayat 183 (Bershalawat.com)

Puasa Ramadhan merupakan kegiatan tahunan umat muslim yang wajib dijalankan di mana harus mampu menahan makan, minum selama satu hari penuh. Selain menahan haus dan lapar, umat mmuslim juga harus mampu menahan nafsu dan amarah. Adapun berikut beberapa keutamaan puasa di bulan Ramadhan:

  • Mendapatkan pahala berlipat ganda
  • Memperoleh ampunan dari Allah SWT atas dosa yang telah lalu
  • Terhindar dari api neraka
  • Terdorong mengerjakan kebaikan Doa dikabulkan

4. Membayar Zakat

Zakat merupakan harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muzakki (wajib zakat) untuk diberikan kepada orang yang wajib menerimanya (mustahik). Bagi yang mampu melaksanakannya zakat hukumnya wajib. Seperti halnya puasa, zakat terdiri dari dua tipe yaitu wajib dan sunnah.

Zakat wajib contohnya fitrah sedangkan zakat mal bergantung jumlah penghasilan yang diperoleh. Zakat memiliki manfaat untuk membantu orang yang kurang mampu dan beruntung sehingga mereka bisa lebih terbantu dalam hal sandang maupun papan.

5. Pergi Haji

Pergi haji merupakan rukun Islam yang terakhir bagi orang yang mampu. Terkait pergi haji dijelaskan dalam surat Ali Imran ayat 97. Ada juga hadist yang mendukung pernyataan tersebut bahwa kewajiban haji hanya berlaku satu kali dalam seumur hidup.

Menunaikan ibadah haji ke tanah suci hukumnya wajib bagi umat muslim yang mapan dan mampu secara lahir maupun batin. Perjalanan ke Tanah Suci juga membutuhkan banyak kesiapan hati yang matang dan memakan biaya.

Berdasarkan penjelasan di atas, setiap rukun Islam dilaksanakan dengan beberapa syarat dan ketentuan yang telah diatur di dalamnya. Karena itu, penting bagi umat muslim untuk memahami apa saja dan bagaimana ketentuan dalam setiap rukun tersebut.

Sumber : katadata.co.id

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img