6.2 C
London
Saturday, April 20, 2024
HomeEnvironmentWarga Eropa Bingung Mau Main Ski Tak Ada Salju, Bumi Memanas!

Warga Eropa Bingung Mau Main Ski Tak Ada Salju, Bumi Memanas!

Date:

Related stories

10 Kerajaan Islam Tertua di RI, Ada yang Dekat dengan Selat Muria

Jakarta, CNBC Indonesia- Kerajaan Islam pernah menguasai Nusantara dan...

Film Kiblat Arahan Sutradara Bobby Prasetyo Memicu Kontroversi, Begini Sepak Terjangnya di Dunia Perfilman

Kontroversi film Kiblat arahan sutradara Bobby Prasetyo masih hangat dibicarakan oleh banyak orang...

Prabowo-Gibran Unggul Telak, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Disarankan Legowo, Sulit Buktikan Kecurangan TSM

TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs...

4 Alasan Mengapa Nabi Isa yang Diperintahkan Allah untuk Membunuh Dajjal Jelang Kiamat

Nabi Isa merupakan salah satu nabi yang masih hidup hingga...

Apa yang Dimaksud dengan Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya?

Muhammadiyah memiliki visi yaitu terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya....
spot_imgspot_img

Bukti terbaru perubahan iklim muncul di Eropa. Gelombang panas di tengah musim dingin memaksa resor ski tutup karena kekurangan salju.

Gelombang panas selama akhir pekan menjelang Tahun Baru 2023 di Eropa menciptakan rekor suhu terhangat di musim dingin. 

Ahli meteorologi mengutarakan kecemasannya, sedangkan beberapa resor ski terpaksa ditutup karena tidak adanya salju.

Suhu di bulan Januari mencapai titik tertinggi sepanjang masa di beberapa negara Eropa, dengan rekor nasional ditetapkan setidaknya di tujuh negara.

Ibu kota Polandia, Warsawa, mencatat suhu 18,9 derajat Celcius pada 1 Januari, lebih dari 5 derajat Celcius di atas rekor sebelumnya yang ditetapkan 30 tahun lalu.

Sementara di Kota Bilbao, Spanyol Utara mencatat 24,9 derajat Celcius pada saat tahun baru, padahal suhu tersebut biasanya terjadi pada awal Juli. Sedangkan di Swiss mengalami 20 derajat Celcius pada hari Minggu.

Cuaca hangat dan hujan salju rendah memaksa beberapa resor ski dataran rendah di Pegunungan Alpen utara dan Pyrenees Prancis tutup hanya beberapa pekan setelah dibuka.

Di antara negara-negara Eropa yang mencatat hari-hari terpanas dalam sejarah adalah Belanda, Denmark, Polandia, Republik Ceko, Belarusia, Latvia, dan Lituania. Rekor regional juga dipecahkan di Prancis, Jerman, dan Ukraina.

Ahli meteorologi dan klimatologi menyatakan kekhawatiran atas cuaca musim dingin yang hangat di luar musim. Ahli mengatakan, terlalu banyak catatan di keadaaan saat ini dan banyak dari suhu minimum saat musim panas.

“Kami baru saja mengamati rekor hari terpanas di bulan Januari di banyak negara di Eropa,” kata ahli meteorologi Skotlandia Scott Duncan melalui Twitter, dikutip dari CNBC Internasional, Senin (9/1/2023).

“Benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya dalam catatan modern,” kata Duncan menambahkan. Ia juga mengatakan bahwa intensitas dan tingkat kehangatan di seluruh wilayah itu sulit untuk dipahami.

Maximiliano Herrera, ahli klimatologi yang melacak cuaca ekstrem global, menggambarkan catatan suhu tersebut sebagai peristiwa paling ekstrem yang pernah dilihat dalam klimatologi Eropa.

Layanan Perubahan Iklim Copernicus, sebuah badan antar pemerintah yang mendukung kebijakan iklim Eropa, menemukan bahwa suhu rata-rata Eropa untuk Agustus dan untuk periode tiga bulan Juni-Agustus adalah rekor tertinggi pada tahun 2022 dengan “margin substansial”.

Pada April tahun lalu, para ilmuwan iklim top dunia memperingatkan perjuangan untuk menjaga pemanasan global di bawah ambang kritis 1,5 derajat Celcius telah mencapai wilayah sekarang atau tidak sama sekali.

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img