15.8 C
London
Friday, June 14, 2024
HomeAsiaDeretan Wakil Presiden Indonesia Era Reformasi

Deretan Wakil Presiden Indonesia Era Reformasi

Date:

Related stories

Kemenag Terbitkan Edaran Pembayaran Dam, Ini Tujuan dan Besaran Biayanya

Jakarta (Kemenag) --- Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah...

Menag Minta Tambahan Anggaran untuk Rumah Ibadah di IKN

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp...

Kota Mojokerto Raih Terbaik 1 Kategori Penegakan Hukum dalam Penyuluh Agama Islam Award tingkat Jatim

Satu lagi sosok inspiratif dan berprestasi dari Kota Mojokerto,...

Catat, Ini Dokumen yang Harus Dimiliki Jemaah untuk Wukuf di Arafah

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah...

Luhut ajak publik ikut awasi ormas keagamaan kelola tambang

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan...
spot_imgspot_img

Hari ini mantan Wakil Presiden Try Sutrisno genap 90 tahun. Dia adalah wakil presiden ke-6 di Indonesia yang menjabat 1993 hingga 1998. Tahun 1998-1999 ditandai proses bergeraknya reformasi saat wapres BJ Habibie naik menjadi presiden setelah Presiden Soeharto lengser.

Dalam sistem tata negara Indonesia, peran wakil presiden tidak dapat dikesampingkan. Hal ini karena wakil presiden memilikki tugas dan wewenang untuk membantu presiden dalam menjalankan roda pemerintahan.

Oleh karena itu, terkadang wakil presiden menghadiri pertemuan-pertemuan penting yang tidak bisa dihadiri oleh presiden. Selain itu, dalam beberapa kesempatan, wakil presiden memimpin rapat kabinet ketika presiden sedang berhalangan.

12 Wakil Presiden

Sejak proklamasi kemerdekaan 1945 hingga masa reformasi saat ini, Indonesia sudah memilikki 12 wakil presiden. Lalu, siapa saja wakil presiden di Indonesia di era Reformasi?

1. Megawati Soekarnoputri (1999-2001)

Ketua umum PDI Perjuangan ini merupakan wakil presiden perempuan pertama di Indonesia dan juga wakil presiden pertama di Indonesia ketika memasukki era Reformasi. Saat itu, Megawati mendampingi Abdurrachman Wachid atau Gus Dur yang menjabat sebagai presiden.

2. Hamzah Haz (2001-2004)

Mantan ketua umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini pernah menjabat sebagai wakil presiden Indonesia mendampingi Megawati. Hamzah Haz menjabat sebagai wakil presiden selama tiga tahun.

3. Jusuf Kalla (2004-2009, 2014-2019)

Mantan Ketua Umum Golkar ini juga pernah menjabat sebagai wakil presiden. Bahkan, ia mencatat sejarah sebagai seorang wakil presiden dengan dua presiden yang berbeda. Dalam masa jabatannya yang pertama, Jusuf Kalla mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pada masa jabatannya yang kedua, giliran Joko Widodo yang didampingi oleh Jusuf Kalla.

4. Boediono (2009-2014)

Akademisi yang juga mantan Gubernur Bank Indonesia ini, pernah menjabat sebagai wakil presiden mendampingin SBY dalam masa jabatannya yang kedua. 

5. Ma’ruf Amin (2019-2024)

Dalam masa jabatannya yang kedua, Jokowi menggandeng Maruf Amin sebagai wakil presiden. Dalam Pemilihan Umum 2019, Jokowi dan Ma’ruf Amin terpilih menjadi pasangan presiden dan wakil presiden. Hingga saat ini, Maruf Amin sering terlihat beberapa kali memimpin rapat kabinet dan juga melakukan kunjungan kerja ketika Jokowi berhalangan.

Sumber: Nasional

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img