15.1 C
London
Saturday, July 27, 2024
HomeEducationCatat, Ini Adab dan Doa Masuk Kamar Mandi dalam Islam

Catat, Ini Adab dan Doa Masuk Kamar Mandi dalam Islam

Date:

Related stories

Wapres sebut ekonomi syariah bukan demi kepentingan umat Islam semata

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menekankan bahwa ekonomi dan...

Kemenag Terbitkan Edaran Pembayaran Dam, Ini Tujuan dan Besaran Biayanya

Jakarta (Kemenag) --- Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah...

Menag Minta Tambahan Anggaran untuk Rumah Ibadah di IKN

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp...

Kota Mojokerto Raih Terbaik 1 Kategori Penegakan Hukum dalam Penyuluh Agama Islam Award tingkat Jatim

Satu lagi sosok inspiratif dan berprestasi dari Kota Mojokerto,...

Catat, Ini Dokumen yang Harus Dimiliki Jemaah untuk Wukuf di Arafah

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah...
spot_imgspot_img

Jakarta: Dalam Islam, seseorang dianjurkan membaca doa sebelum masuk ke kamar mandi. Selain itu, ada pula adab yang perlu diperhatikan ketika seorang muslim masuk ke tempat tersebut. 

Membaca doa saat masuk dan keluar dari kamar mandi disunahkan oleh Rasulullah SAW. Pasalnya, kamar mandi termasuk tempat berkumpulnya para iblis maupun setan pengganggu umat Nabi Muhammad SAW. 

Anjuran tersebut sebagaimana diterangkan dalam sebuah hadis sebagai berikut:

Penutup pandangan jin kepada aurat manusia ialah jika kalian masuk WC, ucapkan bismillah (arti: dengan menyebut nama Allah).” (HR Tirmidzi Nomor 606) 

Dilanjutkan dalam keterangan dari Syekh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin Ra,

Karena WC/kamar mandi adalah tempat persembunyian hal yang keji yakni tempat persembunyian setan-setan. Karenanya, tepat ketika seorang masuk WC/kamar mandi berlindung dari setan-setan tersebut agar dia tidak terkena keburukan atau bahaya dari jiwa-jiwa yang jahat.” 

Doa Masuk Kamar Mandi

Doa masuk kamar mandi dibaca ketika Sobat Medcom masih berada di depan pintu kamar mandi. Adapun bunyi doa tersebut adalah sebagai berikut:

Catat, Ini Adab dan Doa Masuk Kamar Mandi dalam Islam

Allahumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaaitsi.

Artinya: “Sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari (godaan) setan laki-laki dan setan perempuan.” 

Doa Keluar Kamar Mandi

Sambil membaca doa dan keluar dari kamar mandi, kamu dianjurkan menapakkan kaki kanan terlebih dahulu. Berikut ini bunyi doanya:

Catat, Ini Adab dan Doa Masuk Kamar Mandi dalam Islam

Ghufranaka. Alhamdulillahilladzi adzhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii.

Artinya:  “Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.” 

Adab Di Kamar Mandi

Ada adab memasuki kamar mandi yang perlu diketahui umat muslim, salah satunya adalah membaca bimsillah. Dengan menyebut nama Allah maka pandangan jin akan ditutup sehingga tidak bisa melihat aurat kita.

Selain itu melansir NU Online, adab memasuki kamar mandi menurut Imam Abi Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali adalah sebagai berikut:

1. Masuk dengan Kaki Kiri

Hendaknya seorang muslim mendahulukan kaki kiri ketika ingin memasukki kamar mandi. Hal ini karena kamar mandi merupakan tempat yang kotor. Sementara itu, dahulukan kaki kanan saat keluar kamar mandi. 

HR. Bukhari menyebutkan,

Rasulullah SAW lebih suka mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, menyisir rambut, ketika bersuci dan dalam setiap perkara (yang baik-baik).

2. Tidak Bawa Benda dengan Asma Allah atau Nabi

Umat muslim tidak dianjurkan membawa barang yang melambangkan asma Allah atau apapun yang berhubungan dengan nabi dan Rasul. Melansir laman NU, bahkan di kamar mandi sebaiknya tidak melafalkan bismillah.

3. Beristinja dengan Tangan Kiri

Islam mengajarkan umatnya untuk menggunakan tangan kiri ketika beristinja atau bersuci. Ajaran ini disebutkan dalam HR. Bukhari dan Muslim sebagai berikut:

Jika salah seorang di antara kalian minum, janganlah ia bernapas di dalam bejana. Jika ia buang hajat, janganlah memegang kemaluan dengan tangan kanannya. Janganlah pula ia beristinja dengan tangan kanannya.” 

4. Tidak Bernyanyi atau Bersuara 

Sebagai seorang muslim, kamu sebaiknya tidak bernyanyi atau mengeluarkan suara saat berada di kamar mandi. Aturan ini diungkapkan oleh Ibnu ‘Umar Radhiyallahu ‘anhuma:

Ada seseorang yang melewati Rasulullah SAW dan beliau sedang kencing. Ketika itu, orang tersebut mengucapkan salam, namun beliau tidak membalasnya,” (HR. Muslim). 

5. Tidak Menghadap Kiblat

Dalam hadis riwayat Bukhoi dan Muslim dijelaskan bahwa seorang muslim sebaiknya tidak menghadap kiblat ketika berada di dalam kamar mandi. Jangan pula membelakangi kiblat. Sebaiknya, hadaplah ke arah timur atau barat.

Sumber: Medcom

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img