18.1 C
London
Monday, June 17, 2024
HomeAsiaPBB Ramal Penduduk India Bakal Salip China di 2023

PBB Ramal Penduduk India Bakal Salip China di 2023

Date:

Related stories

Wapres sebut ekonomi syariah bukan demi kepentingan umat Islam semata

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menekankan bahwa ekonomi dan...

Kemenag Terbitkan Edaran Pembayaran Dam, Ini Tujuan dan Besaran Biayanya

Jakarta (Kemenag) --- Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah...

Menag Minta Tambahan Anggaran untuk Rumah Ibadah di IKN

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp...

Kota Mojokerto Raih Terbaik 1 Kategori Penegakan Hukum dalam Penyuluh Agama Islam Award tingkat Jatim

Satu lagi sosok inspiratif dan berprestasi dari Kota Mojokerto,...

Catat, Ini Dokumen yang Harus Dimiliki Jemaah untuk Wukuf di Arafah

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah...
spot_imgspot_img

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan populasi India akan mencapai 1,4286 miliar jiwa pada pertengahan 2023, sukses kalahkan China yang populasinya diperkirakan tembus 1,4257 miliar jiwa.

Angka-angka tersebut sekarang tercermin dalam Dasbor Populasi Dunia PBB, yang diperbarui pada hari Rabu lalu (19/4/2023).

Dikutip dari CNBC Internasional, India yang akan menyalip China sebenarnya telah diprediksi secara luas, karena pertumbuhan populasi Negeri Tirai Bambu yang melambat, dengan jumlah orang tahun lalu turun untuk pertama kalinya sejak awal 1960-an.

PBB sebelumnya memperkirakan populasi China akan menurun menjadi 1,313 miliar pada tahun 2050 dan turun di bawah 800 juta pada tahun 2100.

Para ahli mengatakan kebijakan satu anak yang sudah berlangsung lama di negara itu yang direvisi menjadi dua pada 2016 dan tiga pada 2021, berkontribusi terhadap penurunan tersebut.

Angka PBB mengecualikan “wilayah administrasi khusus” Hong Kong, yang diperkirakan populasinya tumbuh mencapai 7,5 juta, dan Makau, sebesar 0,7 juta.

Adapun, pertumbuhan populasi India rata-rata 1,2% sejak 2011, turun dari 1,7% pada dekade sebelumnya, menurut data pemerintah yang dikutip CNBC Internasional oleh Reuters.

Angka PBB menunjukkan 26% dari populasi berusia 10-24, dibandingkan 18% di China. Data sensus India yang paling baru diterbitkan adalah dari tahun 2011.

Dalam laporan State of World Population 2023, yang diterbitkan Rabu, United Nations Population Fund menangani populasi dunia yang melebihi 8 miliar orang pada November 2022, dan memperingatkan agar tidak menghapus hak asasi manusia dan otonomi dalam diskusi tentang apakah pertumbuhan populasi menjadi perhatian.

“Reproduksi manusia bukanlah masalah atau solusi untuk tantangan seperti perubahan iklim, pandemi, konflik, pengungsian massal, dan ketidakpastian ekonomi,” ujar Direktur Eksekutif United Nations Population Fund Natalia Kanem.

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img