10.4 C
London
Tuesday, February 20, 2024
HomeEducationTiga Tanamaan Herbal Kegemaran Nabi Muhammad yang Terbukti Berkhasiat

Tiga Tanamaan Herbal Kegemaran Nabi Muhammad yang Terbukti Berkhasiat

Date:

Related stories

Prabowo-Gibran Unggul Telak, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Disarankan Legowo, Sulit Buktikan Kecurangan TSM

TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs...

4 Alasan Mengapa Nabi Isa yang Diperintahkan Allah untuk Membunuh Dajjal Jelang Kiamat

Nabi Isa merupakan salah satu nabi yang masih hidup hingga...

Apa yang Dimaksud dengan Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya?

Muhammadiyah memiliki visi yaitu terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya....

Bingung Doa Tak Kunjung Dikabulkan? Yuk Cek Rahasia Ini

Berdoa merupakan bagian penting dari sisi kehidupan manusia yang biasanya melibatkan meminta kebahagiaan,...

Makna Kesetaraan Gender dalam Kajian Islam

Kajian tentang gender berkembang pesat tidak hanya di kalangan...
spot_imgspot_img

Banyak tanaman herbal yang secara historis telah digunakan sebagai penyembuh segala penyakit atau herbal tonik yang dipercaya karena kemanjurannya. Di antara tanaman herbal tersebut, ada jintan hitam atau dikenal juga Habbatussauda, fenugreek (kelabat), dan lidah buaya yang ternyata juga menjadi tumbuh-tumbuhan yang disukai Nabi Muhammad saw.

Khasiat Jintan Hitam

Imam Bukhari meriwayatkan, bahwa Nabi SAW menganjurkan kita menggunakan habbatussauda secara rutin karena di dalamnya terdapat obat untuk segala penyakit kecuali kematian. (Shahih Bukhara 7/591)

Majalah Food Chemistry menemukan Nigella sativa atau dikenal dengan jintan hitam ini sangat kaya akan protein, karbohidrat, asam lemak esensial, vitamin A, B1, B2, C, dan niasin serta kalsium, potasium dan zat besi. Ini adalah nutrisi yang menurut ilmu pengetahuan modern paling kita kekurangan.

“Kita dianjurkan minum susu untuk mendapatkan kalsium, mengonsumsi suplemen Asam Lemak Esensial (EFA), dan mengonsumsi pil niasin untuk menurunkan kolesterol. Namun, jintan hitam mampu memberikan banyak manfaat yang sama,” kata Karima Burns, seorang dokter di Naturopati di AS, dilansir dari About Islam.

Jintan hitam juga menyediakan banyak nutrisi yang sama, yang direkomendasikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA). Jintan hitam membantu mencegah penyakit dan memperlambat proses penuaan.

Penulis Planetary Herbology Michael Tierra juga mengemukakan habbatussauda kaya nutrisi. Selain itu, ia menemukan sejumlah besar sterol, terutama beta-sitosterol yang memiliki sifat anti-karsinogenik. Journal of American Scientist melaporkan jintan hitam memiliki sejumlah khasiat yang bermanfaat seperti antihistamin, antioksidan, antibiotik, antimikotik, dan efek melebarkan bronkus.

Temuan ini mungkin menjelaskan sejarah panjangnya sebagai tonik paru-paru. Manusia telah menggunakan Habbatussauda selama hampir 3.000 tahun. Karena Habbatussauda atau jintan hitam mampu membersihkan penyumbatan dan dahak di paru-paru, menyembuhkan asma, serta bisa juga untuk menghentikan pilek karena masuk angin.

Kegunaan jintan hitam yang terkenal lainnya adalah untuk masalah pencernaan. Meredakan sakit perut, meredakan nyeri kolik, dan menyembuhkan cacingan. Juga menghilangkan kembung pada usus akibat makan roti gandum. Hangatnya jintan hitam juga meningkatkan aliran seluruh cairan dalam tubuh.

Salep jintan hitam juga berguna untuk semua jenis penyakit yang diindikasikan untuk penggunaan topikal termasuk kutil, alergi kulit, gigitan serangga, kebotakan dan rambut beruban. Faktanya, habbatus sauda’ telah diklasifikasikan oleh banyak ilmuwan modern sebagai ramuan tonik atau menyembuhkan segala penyakit.

Seorang ahli imunologi Jerman Peter Schleicher, telah menemukan bahwa jintan hitam mengandung asam lemak tak jenuh, Linoleat dan Gammalinolen. Faktanya, Linoleat menstabilkan membran sel. Selain itu, Prostaglandin dalam jintan hitam memiliki efek menghambat peradangan. Kombinasi ini menghentikan reaksi kekebalan dan timbulnya banyak penyakit kronis seperti eksim, asma, dan bahkan kanker.

Fenugreek

Biji fenugreek telah ditemukan melalui uji laboratorium mengandung sejumlah nutrisi yang sangat tinggi, terutama minyak tetap, yang sebanding dengan minyak hati ikan kod yang bermanfaat dan minyak terapeutik lainnya yang mengandung vitamin A dan kolin dalam jumlah tinggi.

Oleh karena itu, fenugreek sering digunakan untuk menurunkan kolesterol darah dan memberi kekuatan pada sistem tubuh. Bahan-bahan yang sama ini teroksidasi untuk menghasilkan bau khas yang didapat saat meminum teh fenugreek.

Biji trigonelin memiliki efek hipoglikemik pada tikus. Ini juga berguna bagi siapa saja yang menderita hipoglikemia, diabetes, dan kelelahan.

Fenugreek juga mengandung saponin dan sapogenin. Keduanya merupakan bahan penting untuk sintesis hormon steroid dan obat lain. Hal ini memberikan potensi yang sama dengan ubi liar yang merupakan terapi pengganti estrogen alami.

Untuk alasan yang sama, praktisi menggunakan fenugreek untuk banyak keluhan wanita. Ini baik untuk menghentikan menstruasi yang menyakitkan dan meningkatkan laktasi pada ibu baru.

Fenugreek juga tinggi mineral dan protein. Itu sebabnya biji basahnya merupakan kondisioner kulit yang berharga. Protein dalam fenugreek juga tinggi lisin, triptofan, lemak, fosfor dan zat besi.

Oleh karena itu, fenugreek sering digunakan untuk melawan anemia. Bijinya juga memiliki kemampuan unik untuk menampung cairan sehingga teh fenugreek sering diminum sebagai obat sembelit, retensi urine, dan candida albicanas.

Khasiat Lidah Buaya

Lidah buaya adalah ramuan lain yang sangat berguna dan favorit Nabi SAW. Qays bin Rafi al-Qatsi meriwayatkan Rasulullah bersabda, “Gaharu dan selada air adalah obat yang ampuh untuk penyakit. ” Al-Albani- Hadits yang lemah.

Faktanya, beberapa orang Amerika Selatan masih menggunakan lidah buaya sebagai obat serbaguna. Di beberapa rumah, ini adalah satu-satunya ramuan untuk semua penyakit.

Salah satu keunikannya adalah Anda tidak perlu memasak atau menyiapkannya untuk penggunaan internal maupun eksternal karena gel dari daunnya siap pakai. Lendir lidah buaya bisa Anda campur dengan air dan dikonsumsi atau dioleskan langsung ke kulit tubuh dari daun lidah buaya yang dipotong.

Dalam hal ini, lidah buaya adalah salah satu tanaman paling berguna yang ada di rumah. Satu-satunya kelemahannya adalah biasanya terlalu kuat untuk dikonsumsi oleh anak-anak, atau wanita hamil atau menyusui, dan rasanya cukup menyengat.

Dalam beberapa kasus, beberapa kulit seseorang juga tidak cocok dengan tanaman ini sehingga meskipun lidah buaya ini bermanfaat, namun Anda harus berhati-hati. Lidah buaya paling terkenal di dunia Barat karena bisa mengobati luka bakar, jerawat, dan luka akibat cedera atau operasi. Misalnya, kasus korban luka bakar radiasi yang terdokumentasi di Jepang menunjukkan lidah buaya menyembuhkan luka bakar lebih cepat dibandingkan metode lainnya.

Lendir dalam lidah buaya yang mengandung mukopolisakarida, sebagian besar bertanggung jawab atas tindakan penyembuhan lidah buaya, baik pada luka bakar maupun luka. Faktanya, polisakarida ini menunjukkan tindakan yang mirip dengan asam hialuronat dalam uji laboratorium. Lidah buaya bekerja paling efektif bila diambil langsung dari tanaman yang sedang tumbuh karena steril dan tidak akan mencemari luka bakar atau luka dengan bakteri.

Lidah buaya juga mengandung glukosida antrakuinon dalam jumlah yang bervariasi, yang memiliki prinsip katarsis yang pahit. Hal ini menjelaskan sejarah panjang penggunaan internal sebagai ramuan pembersih usus besar dan detoksifikasi. Ini juga telah digunakan untuk membuka penghalang pada organ dalam, khususnya hati.

Faktanya, lendir lidah buaya memberikan efek menenangkan yang unik pada sistem pencernaan bersamaan dengan efek pembersihan dari polisakarida. “Kita bijak dalam memanfaatkan ramuan yang telah Allah sediakan ini, dengan mengingat bahwa, “setiap penyakit yang diciptakan Allah, Dia juga menciptakan obatnya (dan siapa) yang mempelajari ilmu itu, maka dia akan mendapat manfaat darinya, dan siapa yang mengabaikannya, maka dia akan melupakan manfaatnya.” (Sahih Bukhari).

photo

Sumber: Republika

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img