2 C
London
Monday, March 4, 2024
HomeAsiaKapolsek Parengan Jalin silaturahmi dan sinergitas dengan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan...

Kapolsek Parengan Jalin silaturahmi dan sinergitas dengan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan warga Desa Kumpulrejo

Date:

Related stories

Prabowo-Gibran Unggul Telak, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Disarankan Legowo, Sulit Buktikan Kecurangan TSM

TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs...

4 Alasan Mengapa Nabi Isa yang Diperintahkan Allah untuk Membunuh Dajjal Jelang Kiamat

Nabi Isa merupakan salah satu nabi yang masih hidup hingga...

Apa yang Dimaksud dengan Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya?

Muhammadiyah memiliki visi yaitu terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya....

Bingung Doa Tak Kunjung Dikabulkan? Yuk Cek Rahasia Ini

Berdoa merupakan bagian penting dari sisi kehidupan manusia yang biasanya melibatkan meminta kebahagiaan,...

Makna Kesetaraan Gender dalam Kajian Islam

Kajian tentang gender berkembang pesat tidak hanya di kalangan...
spot_imgspot_img

Jalin silaturahmi dan sinergitas dengan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan warga Desa Kumpulrejo Kapolsek Parengan Polres Tuban Polda Jatim AKP Gunadi bersama Forkopimcam Parengan menghadiri tradisi setiap satu tahun sekali uri-uri budaya leluhur yaitu Nyadran atau sedekah bumi di Dewi Sri Desa Kumpulrejo Kec. Parengan. Sabtu (10/6/2023).

Sedekah bumi adalah salah satu tradisi yang terus dilakukan untuk mempertahankan kearifan lokal dan melestarikan warisan budaya yang diturunkan oleh nenek moyang. Sedekah bumi atau nyadran merupakan ungkapan rasa syukur atas nikmat dan karunia yang diberikan oleh Tuhan. Sedekah bumi juga sebagai sarana memanjatkan do’a bersama dan harapan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar Desa Kumpulrejo selalu diberikan kesehatan dan dijauhkan dari gangguan serta bencana.

Prosesi Sedekah bumi dilaksanakan di petilasan Dewi Sri Desa Kumpulrejo Kec. Parengan. Para warga Desa Kumpulrejo dengan begitu antusias berkumpul dengan membawa uba rampe berupa tumpeng besar atau ember besar berisi nasi putih beserta aneka lauk seperti ayam panggang, dll.

Hadir dalam kegiatan sedekah bumi yaitu Imam Setiono, S.H., (Wakil Ketua DPRD Kab. Tuban), Suwarsono, S.STP (Camat Parengan), AKP Gunadi (Kapolsek Parengan), Kapten CPL Heriyanto (Danramil 0811/18 Parengan), Eko Hardoyo, S.Sn (Dinas Pariwisata Kab. Tuban), Kunarsono (Kepala Desa Kumpulrejo), Wiwik Hartatik, S.E (Kepada Desa Sukorejo), Anggota Polsek Parengan, Anggota Koramil 0811/18 Parengan, Staf Kec. Parengan, Perangkat Desa Kumpulrejo dan perangkat Desa Sukorejo beserta undangan serta warga Desa Kumpulrejo Kec. Parengan Kab. Tuban.

Tradisi sedekah bumi pelaksanaan doa bersama dipimpin oleh tokoh agama dengan memanjatkan do’a dan diaminkan bersama seluruh yang hadir. Selanjutnya dilakukan purak’an atau makan bersama setelah makan bersama dilanjutkan dengan hiburan Langen Tayub dengan di awali oleh Cah Angggon (pemuda pengembala).

Ditemui terpisah Kapolsek Parengan AKP Gunadi menerangkan ”Dalam menghadiri kegiatan sedekah bumi tersebut  diharapkan selalu bersinergi dengan masyarakat desa sembari menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, agar tetap menjaga keharmonisan dalam pelaksanaan tugas,” ujarnya.

Sumber: Humas

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img