15.2 C
London
Monday, May 27, 2024
HomeAsiaGelombang Panas Terjang Asia, Indonesia Ikut Merasakan

Gelombang Panas Terjang Asia, Indonesia Ikut Merasakan

Date:

Related stories

10 Kerajaan Islam Tertua di RI, Ada yang Dekat dengan Selat Muria

Jakarta, CNBC Indonesia- Kerajaan Islam pernah menguasai Nusantara dan...

Film Kiblat Arahan Sutradara Bobby Prasetyo Memicu Kontroversi, Begini Sepak Terjangnya di Dunia Perfilman

Kontroversi film Kiblat arahan sutradara Bobby Prasetyo masih hangat dibicarakan oleh banyak orang...

Prabowo-Gibran Unggul Telak, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Disarankan Legowo, Sulit Buktikan Kecurangan TSM

TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs...

4 Alasan Mengapa Nabi Isa yang Diperintahkan Allah untuk Membunuh Dajjal Jelang Kiamat

Nabi Isa merupakan salah satu nabi yang masih hidup hingga...

Apa yang Dimaksud dengan Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya?

Muhammadiyah memiliki visi yaitu terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya....
spot_imgspot_img

Cuaca belakangan kian terasa panas. Negara-negara di Asia tengah dilanda cuaca panas imbas gelombang panas April yang terjadi. Indonesia juga turut merasakan panasnya cuaca akhir-akhir ini.

CNN melaporkan sejumlah negara di Asia Tenggara bahkan memecahkan rekor suhu terpanasnya. Sejarawan Cuaca Maximiliano Herrera menyebut suhu di Luang Prabang, Laos baru mencetak rekor baru dengan menyentuh 42,7 derajat celcius pada Selasa (18/4) lalu.

Dalam kicauan di Twitter, Herrera menyebut Myanmar juga mencetak rekor suhu pada Senin saat daerah Kalewa di Sagaing Tengah mencapai 44 derajat celcius.

Kemudian Thailand mencapai suhu 45 derajat celcius selama akhir pekan. Berdasarkan data dari Departemen Meteorologi Thailand, Herrera mengatakan Kota Tak di bagian barat laut negara itu juga mencapai 45,4 derajat celcius pada Sabtu (15/4).

Pemerintah Thailand mengeluarkan peringatan kesehatan untuk beberapa provinsi karena indeks panas diperkirakan mencapai 50,2 derajat Cclcius di distrik Bang Na di ibu kota Bangkok.

Pada Selasa (18/4), Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha menyatakan keprihatinan atas suhu tinggi yang berbahaya di berbagai bagian Thailand. Dalam pernyataan Kantor Perdana Menteri, disebutkan suhu dapat mencapai 52,3 derajat celcius.

Adapun kondisi panas di Thailand diperparah oleh musim kabut asap yang intens dan menyebabkan tingkat polusi melonjak.

Kota Chiang Mai menduduki peringkat kota paling tercemar di dunia selama tujuh hari berturut-turut. Hal itu dikarenakan asap dari kebakaran hutan dan pembakaran tanaman yang meluas memperburuk kualitas udara.

Setidaknya, ada satu rumah sakit yang mengatakan kapasitas bangsal mereka telah penuh karena diisi pasien dengan masalah pernapasan.

Selanjutnya, suhu panas juga telah menyebar luas di seluruh China. Pada Selasa (18/4), negara itu mencatat suhu 42,4 derajat celcius di Yuanyang atau hanya selisih 0,3 derajat dari rekor seluruh bagian negara sebulan terakhir.

Ahli Iklim Jim Yang mengatakan pada Senin (17/4) bahwa lebih dari 100 stasiun cuaca di 12 provinsi mencatat rekor suhu dalam sebulan terakhir.

13 orang meninggal dunia di India
Sementara itu, setidaknya 13 orang meninggal dunia karena tersengat gelombang panas setelah menghadiri salah satu upacara penghargaan kenegaraan di Maharashtra, India, pada Minggu (16/4).

Seorang pejabat polisi kota mengonfirmasi jumlah korban itu. Selain itu, sekitar 50 hingga 60 orang juga dirawat di rumah sakit di Navi Mumbai, kota tempat upacara digelar.

CNN melaporkan jumlah total korban terpaan suhu dahsyat itu diyakini jauh lebih tinggi karena banyak warga diduga sudah mencari perawatan medis di daerah tempat tinggal masing-masing.

Kala itu, lebih dari satu juta orang mengikuti upacara untuk Maharashtra Bhushan, sebuah penghargaan sipil yang diberikan oleh pemerintah negara bagian, pada Minggu.

Belakangan, suhu di negara bagian India itu belakangan memang sedang tinggi-tingginya. Suhu di Maharashtra pada Minggu tercatat mencapai 38 derajat Celsius.

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img