6.2 C
London
Saturday, April 20, 2024
HomeIndonesiaSandiaga Geram! Sebut Bakal Blacklist Turis Asing Pembuat Onar

Sandiaga Geram! Sebut Bakal Blacklist Turis Asing Pembuat Onar

Date:

Related stories

10 Kerajaan Islam Tertua di RI, Ada yang Dekat dengan Selat Muria

Jakarta, CNBC Indonesia- Kerajaan Islam pernah menguasai Nusantara dan...

Film Kiblat Arahan Sutradara Bobby Prasetyo Memicu Kontroversi, Begini Sepak Terjangnya di Dunia Perfilman

Kontroversi film Kiblat arahan sutradara Bobby Prasetyo masih hangat dibicarakan oleh banyak orang...

Prabowo-Gibran Unggul Telak, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Disarankan Legowo, Sulit Buktikan Kecurangan TSM

TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs...

4 Alasan Mengapa Nabi Isa yang Diperintahkan Allah untuk Membunuh Dajjal Jelang Kiamat

Nabi Isa merupakan salah satu nabi yang masih hidup hingga...

Apa yang Dimaksud dengan Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya?

Muhammadiyah memiliki visi yaitu terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya....
spot_imgspot_img

Bisnis.com, JAKARTA – Tindakan meresahkan yang dilakukan oknum turis asing di Indonesia membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, geram.

Salah satu aksi itu adalah menyalakan flare atau smoke bomb di Kawah Ijen, yang sempat menjadi viral, dari sekian banyak aksi nyeleneh yang dilakukan oknum turis asing tak bertanggung jawab.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, meski pemerintah Indonesia menggelar karpet merah untuk seluruh wisatawan, tapi mereka harus mematuhi seluruh peraturan yang berlaku di Indonesia.

Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan pariwisata yang nyaman, aman dan menyenangkan untuk semua pihak, terutama untuk masyarakat setempat.

Sandiaga bahkan tak segan-segan akan mendepak wisatawan yang tidak mematuhi segala peraturan perundang-undangan dan norma-norma yang ada.

“Bagi wisatawan yang masih ngeyel, tegas akan kami BLACKLIST,” tulis Sandiaga dalam akun Instagram resminya @sandiuno, Kamis (9/3/2023).

Atas kasus-kasus tersebut, Sandiaga menyatakan bahwa pemerintah berencana membuat prosedur penanganan krisis pariwisata.

“Kita akan buatkan prosedur penanganan krisis pariwisata, bukan hanya bom asap atau flare saja, tapi juga krisis lainnya yang mungkin dapat terjadi,” ujarnya.

Di sisi lain, pemerintah secara tegas menolak praktik-praktik bisnis seperti berdagang, kursus mengendarai motor, hingga fotografi yang dilakukan oleh wisatawan asing.

Dia juga menegaskan, warga negara asing (WNA) dengan visa khusus diarahkan untuk kegiatan yang sesuai dengan izin masuk mereka.

Tanggapan serupa juga datang dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim, sebelumnya menyatakan, bakal menindak tegas wisman yang mengganggu ketertiban dan keamanan di Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan guna menindaklanjuti laporan masyarakat tentang adanya wisman yang berulah di beberapa tempat seperti di Bali dan Jawa Timur baru-baru ini.

Silmy mengungkapkan, beberapa wisman yang berulah sudah dideportasi sejak pekan lalu oleh petugas imigrasi. Selain itu, dia juga memberikan arahan untuk melakukan operasi atas pelanggaran keimigrasian di Bali dan beberapa tempat lainnya.

“Saya sudah beri arahan untuk dilakukan operasi atas pelanggaran keimigrasian di Bali dan beberapa tempat yang ditengarai ada WNA yang mengganggu ketertiban, mengusik kedamaian, dan mengganggu roda perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Sumber : Bisnis

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img