8.8 C
London
Saturday, April 20, 2024
HomeDefenceHeboh Klaim Dokumen Bocor Berisi Rencana Rusia Akan Aneksasi Belarusia

Heboh Klaim Dokumen Bocor Berisi Rencana Rusia Akan Aneksasi Belarusia

Date:

Related stories

10 Kerajaan Islam Tertua di RI, Ada yang Dekat dengan Selat Muria

Jakarta, CNBC Indonesia- Kerajaan Islam pernah menguasai Nusantara dan...

Film Kiblat Arahan Sutradara Bobby Prasetyo Memicu Kontroversi, Begini Sepak Terjangnya di Dunia Perfilman

Kontroversi film Kiblat arahan sutradara Bobby Prasetyo masih hangat dibicarakan oleh banyak orang...

Prabowo-Gibran Unggul Telak, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Disarankan Legowo, Sulit Buktikan Kecurangan TSM

TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs...

4 Alasan Mengapa Nabi Isa yang Diperintahkan Allah untuk Membunuh Dajjal Jelang Kiamat

Nabi Isa merupakan salah satu nabi yang masih hidup hingga...

Apa yang Dimaksud dengan Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya?

Muhammadiyah memiliki visi yaitu terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya....
spot_imgspot_img

Dokumen Kremlin diklaim bocor ke sejumlah media yang mengungkap rencana Rusia aneksasi atau mengambil alih Belarusia pada 2030 mendatang.

Dokumen setebal 17 halaman yang berhasil didapat beberapa media Amerika Serikat, termasuk media Ukraina The Kyiv Independent, merinci rencana Moskow menaklukkan Belarusia dan mengacau kemerdekaan negara itu.

Photo via AP

Yahoo News yang melansir laporan itu menyebutkan dokumen didapat dengan hasil kolaborasi dengan the Kyiv Independent dan sejumlah media lain. Mereka adalah Delfi (Estonia), Dossier Center (Inggris), Expressen (Swedia), Frontstory.pl, VSquare, Belarusian Investigative Center (Polandia), Süddeutsche Zeitung dan Westdeutscher Rundfunk (Jerman).

Dalam dokumen tersebut, terdapat langkah-langkah Rusia mengambil kendali penuh bidang politik, ekonomi, dan militer Belarusia di penghujung dekade ini.

Belarusia, menurut dokumen tersebut, harus memiliki mata uang tunggal dan sistem pajak dengan Rusia pada 2030. Media negara itu juga mesti berada di bawah kontrol Kremlin.

Mengutip The Kyiv Independent, Kamis, 23 Februari 2023, militer Belarusia juga harus tunduk terhadap regulasi Rusia. Tak cuma itu, semua produksi militer utama Belarusia juga harus ditransfer dari negara itu ke Rusia. Meski begitu, The Kyiv Independent tidak mempublikasi dokumen tersebut. Oleh sebab itu sumber dokumen tak bisa ditelusuri kembali.

Menurut perwakilan dari salah satu layanan intelijen Barat, dokumen dua bagian tersebut merupakan upaya bersama yang dilakukan beberapa lembaga Rusia.

Seorang perwira intelijen Barat yang mengetahui soal dokumen tersebut mengatakan dinas intelijen Rusia, asing, dan militer Rusia termasuk dalam rencana pencaplokan tersebut. Sumber anonim itu menuding dokumen tersebut dibuat pada 2021 oleh Direktorat Kerja Sama Lintas Batas Kremlin.

Photo : U-Report

Sumber The Kyiv Independent di intelijen militer Ukraina mengatakan pihaknya tak bisa mengonfirmasi keaslian file tersebut.

Menurut dokumen tersebut, tujuan akhir Rusia adalah untuk menyelesaikan penggabungan Rusia dan Belarusia menjadi Union State.

Union State merupakan persatuan supranasional yang terdiri dari Rusia dan Belarus guna memperdalam hubungan kedua negara. Union State dibentuk pada 1999 dan bertujuan menciptakan konfederasi berdasarkan perjanjian pada 2 April 1997.

Sumber : Viva

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories

spot_img